News

Halal Bi Halal ALTEKIMITS 1440 H, Merajut Silaturahim Keluarga Besar Teknik Kimia ITS

Kam, 04 Jul 2019
2:03 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-TeknikKimia   |

  Telah terlaksana Halal Bi Halal ALTEKIMITS 1440 H pada hari Sabtu, 29 Juni 2019. Dalam rangka menyambung ikatan silaturahim di dalam keluarga besar Teknik Kimia ITS pasca merayakan hari raya Iedul Fitri 1440 H, Ikatan Alumni Teknik Kimia ITS (ALTEKIM ITS) mengadakan kegiatan ini. Dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEKK), kegiatan dipersiapkan sebaik mungkin untuk menyambut para tamu undangan, mulai dari dosen, dosen purna tugas, tenaga pendidik dan karyawan, serta alumni Teknik Kimia yang berkiprah di berbagai sektor.

Dibuka dengan tilawah yang dibacakan oleh Maulidella, Mahasiswi Kimia angkatan 2016, Ananda membacakan ayat yang mengingatkan hadirin akan pentingnya berbuat kebaikan dan rasa kesatuan yang merupakan anugrah dari Allah SWT yang tercantum dalam surat Ali Imron(2) ayat 102-105. Agenda dilanjutkan dengan hiburan yang kali ini diisi oleh grup Nasyid asal Jombang Awesome Voice, suara yang merdu disertai lantunan acapella membuat kegiatan lebih rileks dan bisa dinikmati oleh tamu undangan, Dibuka dengan kata sambutan pertama dari Ketua Pengurus Pusat Ikatan Alumni Teknik Kimia ITS, Ir. Ketut Rusnaya, M.M., Pak Ketut menyampaikan kebanggaannya terhadap kiprah seluruh alumni yang tersebar dimana-mana dan mengabdi untuk negaranya serta ungkapan kebahagiannya bisa berkumpul walaupun dalam event yang singkat seperti Halal Bi Halal ini. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Departemen Teknik Kimia ITS, Juwari, S.T., M.Eng., Ph. D. Pria yang akrab disapa Pak Juwari ini menyampaikan peningkatan kualitas Pendidikan di Teknik Kimia mulai dari sertifikasi-sertifikasi Regional dan Internasional yang sudah Teknik Kimia torehkan seperti sertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) di tingkat ASEAN dan Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) di tingkat Internasional . Pak Juwari juga menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada seluruh alumni yang sudah banyak membantu aktivitas Pendidikan di Teknik Kimia sehingga menjadi salah satu departemen dengan reputasi sangat baik di ITS.

Kegiatan dilanjutkan dengan sharing session yang diisi oleh tiga alumni yaitu, Pak Mustahid dari angkatan ke-2, Cak Gatot dari angkatan ke-22, Cak Mujiaman dari angkatan ke-26, dan dimoderatori oleh Cak Gunawan dari angkatan ke-34. Dalam sesi ini para narasumber membagikan pengalaman serta pesan dan kesan terhadap Teknik Kimia ITS, Pak Mustadi dalam sesinya menguatkan bahwa Alumni Teknik Kimia ITS masih memberikan sumbangsih sumber daya manusia yang terbaik dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa, dan negara Indonesia. Sementara Cak Gatot mengawali sesinya dengan mengungkapkan rasa bangga dan terimakasihnya kepada para dosen purna, baginya tidak ada yang namanya mantan dosen atau guru, bahkan sampai saat ini pun dosen ketika menempuh Pendidikan tetap menjadi dosen baginya. Cak Gatot yang saat ini diamanahi sebagai CEO Than Long Cement Vietnam juga menyampaikan bahwa institusi Pendidikan saat ini sudah sangat baik dengan segala penunjang kualitas SDM nya harus bersanding dengan Industri supaya memberikan efek lebih besar ke depannya. Sesi terakhir disampaikan oleh Cak Mujiaman yang merupakan Direktur Utama PT. PDAM Surabaya menyampaikan bahwa ketika Pendidikan mahasiswa diberikan basic pengetahuan, dimana pengetahuan dasar itu pasti bermanfaat dimanapun dan dalam berkontribusi di lini apapun, misalnya sebagai seorang insinyur atau bahkan sebagai pengusaha, pengetahuan dasar yang dimiliki dari masa pendidikan sangat bermanfaat.

Memasuki siang hari sharing session disudahi dengan foto dan makan siang Bersama. Rangkaian kegiatan akhirnya sampai di penghujung agenda, master of ceremony menutup kegiatan dan mempersilahkan tamu undangan untuk istirahat dan sholat. Sebagai salah satu wadah untuk menjalin silaturrahim pada Halal Bi Halal kali ini juga diadakan Focus Group Discussion (FGD) bagi tamu undangan yang ingin ikut. FGD yang bertempat di Ruang Sidang Teknik Kimia ini mengangkat tema Regulasi dan Peluang Bisnis Limbah B3.

Latest News

  • Leadership as Competitive Edge

    Kuliah soft skills pada sesi ke – 4 dengan tema Why Am I here? Leadership as Competitive Edge telah

    28 Jan 2021
  • Bangkitkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa Melalui Kuliah Soft Skill “Why I Am Here? Building Entepreneurship”

    “Siapa bilang Entrepreneurship cuma milik pengusaha? Entrepreneurship bukanlah profesi apalagi cuma sekedar status. Entrepreneurship adalah cara memandang hidup, pola

    15 Des 2020
  • Mewujudkan Pembuatan Nata dengan Bahan Dasar Legen di Gresik

    Legen merupakan minuman tradisional dari Gresik Jawa Timur. Legen banyak ditemukan di sekitar wilayah Hendrosari Gresik. Minuman legendaris ini terbuat

    19 Nov 2020