News

Career Preparation Training 2019 bagi Mahasiswa Tingkat Akhir S1 Teknik Kimia ITS

Rab, 20 Feb 2019
2:20 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-TeknikKimia   |

 Career Preparation Training dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 Februari 2019 di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat ITS. Pada tahun ini, terdapat empat materi dalam acara ini yaitu Personal Branding, Curriculum Vitae, Job Interview Training dan Focus Group Discussion. Pembicara yang hadir merupakan alumni dari Teknik Kimia FTI-ITS dan Teknik Industri FTI-ITS yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam materi-materi yang disampaikan. Pembicara tersebut adalah Bapak Himawan Ramadhan Auditiardy dari PT Adhijaya Engineering, Ibu Dewie Saktia Ardiantono dari Dosen Manajemen Bisnis ITS, Bapak Irfan Zuchrufudin dari PT Semen Indonesia, dan Bapak Fransiskus Ayok Adarlisa dari PT Phitagoras Global Duta. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa Teknik Kimia FTI-ITS tahun akhir yaitu mahasiswa angkatan 2015 dan lintas jurusan.

Foto 1.1. Sambutan Perwakilan Departemen Teknik Kimia FTI-ITS oleh Bapak Fadlilatul Taufany, S.T., Ph.D.

Pada tanggal 16 Februari 2019, acara dimulai dengan open registration pada pukul 08.00. Peserta mendapatkan fasilitas konsumsi snack, air minum, pulpen, dan block note. Kemudian, kegiatan dibuka oleh MC dengan sambutan dari Ketua Panitia, Amalia Sabrina Salwati, dilanjutkan dengan sambutan dari Head of  HIMATEKK FTI-ITS 2018/2019, yaitu Fathi Haqqani Fachrudin, dan dilanjutkan sambutan dari perwakilan Departemen Teknik Kimia yaitu Bapak Fadlilatul Taufany, S.T., Ph.D. Lalu, peserta mengisi pre-test selama 15 menit. Setelah itu, materi pertama, Personal Branding, dimulai dengan Bapak Himawan Ramadhan Audititardy sebagai pemateri. Beliau menjelaskan mengenai apa itu personal branding serta bagaimana langkah-langkah untuk melakukan personal branding.

Foto 1.2. Penyampaian Materi Personal Branding Oleh Bapak Himawan Auditiardy Pada Acara Career Preparation Training

 

Acara selanjutnya adalah istirahat makan siang. Lalu, dilanjutkan dengan materi kedua tentang Curriculum Vitae (CV) oleh Ibu Dewie Saktia Ardiantono. Beliau menjelaskan tentang tata cara membuat CV yang baik dan benar, memberikan masukan terhadap CV peserta, dan menunjukkan CV beliau sebagai contoh untuk CV yang baik. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan photo booth untuk peserta dari nomor urut 1-35.

 

Foto 1.3. Penyampaian Materi Preparing Your Curriculum Vitae Oleh Ibu Dewie Saktia Ardiantono Pada Acara Career Preparation Training

 

Pada tanggal 17 Februari 2019, registrasi dibuka pada pukul 07.30 WIB dan dilanjutkan dengan photo booth peserta yang belum mengambil foto pada hari sebelumnya. Acara selanjutnya adalah pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan materi Job Interview Training yang diisi oleh Bapak Irfan Zuchrufudin. Beliau menjelaskan bahwa dalam job interview yang dibutuhkan adalah pengalaman, pengetahuan dan mental diri sendiri. Bapak Irfan juga menjelaskan tentang Revolusi Industry 4.0 serta pengaruhnya terhadap perekonomian dunia.

 

Foto 1.4 Penyampaian Materi Job Interview Training Oleh Bapak Irfan Zuchrufudin Pada Acara Career Preparation Training

 

Beliau kemudian memberikan simulasi kepada 3 orang peserta untuk melakukan job interview dan 8 orang peserta lainnya bergantian untuk bermain peran menjadi HR dan user. Lalu, acara dilanjutkan dengan istirahat sholat dan makan siang.

 

Foto 1.5 Simulasi Job Interview Training Oleh Bapak Irfan Zuchrufudin

 

Kemudian, acara dilanjutkan dengan materi terakhir yaitu Focus Group Discussion (FGD) dengan pemateri Bapak Fransiskus Ayok Adarlisa. Beliau menjelaskan tentang apa itu FGD dan bagaimana cara mempersiapkan juga melakukan FGD itu sendiri.

 

Foto 1.6 Penyampaian Materi Focus Group Discussion Oleh Bapak Fransiskus Ayok Adarlisa

 

Beliau juga memberikan simulasi FGD untuk semua peserta dengan sebelumnya mengadakan sebuah simulasi di depan ruangan yang diikuti oleh peserta yang sukarela mengajukan diri.

 

Foto 1.7 Simulasi Focus Group Discussion Dibimbing Oleh Bapak Fransiskus Ayok Adarlisa

 

Foto 1.8 Keaktifan Peserta dalam Simulasi Focus Group Discussion

 

Foto 1.9 Peserta Membentuk Tim dalam Simulasi Focus Group Discussion

 

Peserta cukup antusias dalam mengikuti acara.Hal itu terlihat dari banyaknya yang mengangkat tangan saat diberi kesempatan bertanya. Setelah itu peserta mengisi feedback dan post-test selama kurang lebih 10 menit pada akhir pelatihan ini.

 

Foto 1.10 Keaktifan Peserta Pada Acara Career Preparation Training

Latest News

  • Leadership as Competitive Edge

    Kuliah soft skills pada sesi ke – 4 dengan tema Why Am I here? Leadership as Competitive Edge telah

    28 Jan 2021
  • Bangkitkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa Melalui Kuliah Soft Skill “Why I Am Here? Building Entepreneurship”

    “Siapa bilang Entrepreneurship cuma milik pengusaha? Entrepreneurship bukanlah profesi apalagi cuma sekedar status. Entrepreneurship adalah cara memandang hidup, pola

    15 Des 2020
  • Mewujudkan Pembuatan Nata dengan Bahan Dasar Legen di Gresik

    Legen merupakan minuman tradisional dari Gresik Jawa Timur. Legen banyak ditemukan di sekitar wilayah Hendrosari Gresik. Minuman legendaris ini terbuat

    19 Nov 2020