News

Seri Kuliah Tamu: Best Practice in Designing Coastal Protection Structures

Kam, 15 Nov 2018
4:24 PM
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Upaya DTK seakan tak henti dalam melengkapi kompetensi mahasiswanya di luar ranah teoritis. Rangkaian kuliah tamu teknis dari para praktisi bidang teknik kelautan alumni DTK dihelat. Wawasan ilmu praktis akan menambah kepercayaan diri mahasiswa semasa kuliah, dan optimisme dalam menyongsong pasca-lulus nantinya.

Departemen Teknik Kelautan (DTK), FTK – ITS, kembali menggelar kuliah tamu. Jika kuliah tamu yang biasanya membahas bidang offshore engineering, kuliah tamu kali ini membahas mengenai bidang coastal engineering yang juga merupakan salah satu bidang keahlian yang dipelajari di Departemen Teknik Kelautan. Kuliah tamu ini dibawakan oleh Andre Prakoso Djojokusumo, ST., M.Sc. yang merupakan alumni Teknik Kelautan angkatan 2011, dan beliau sekarang bekerja di perusahaan Royal Haskoning DHV Jakarta. Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 8 November 2018  di ruang kelas WA.115 Departemen Teknik Kelautan, mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Peserta dari kuliah tamu ini mayoritas adalah mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Perancangan Struktur Pantai dalam Semester Gasal 2018-2019 saat ini.

Andre Prakoso memberikan paparan kepada peserta kultam tentang perencanaan praktis struktur bangunan pelindung pantai berdasarkan pengalaman profesionalnya.

Andre memulai kegiatan ini dengan mengenalkan dirinya dan tempatnya bekerja. Setelah itu beliau mengajukan pertanyaan kepada peserta yaitu mengapa perlu adanya struktur pelindung pantai. “Struktur pelindung pantai diperlukan karena adanya aktivitas manusia di sepanjang garis pantai, terutama jika aktivitas tersebut mempunyai unsur ekonomi”, jelas Andre. Beliau juga menjelaskan tahapan-tahapan dari pengerjaan suatu proyek secara umum dan pengerjaan desain dari suatu struktur pelindung pantai, contohnya breakwater.

Sesi foto bersama dengan panitia dan seluruh mahasiswa DTK peserta kultam

Langkah-langkah dalam perencanaan desain struktur pelindung pantai meliputi: diperlukannya Term of Reference (TOR), Data Collection, Design Process dan Report & Recomendations. Di akhir acara Andre memberikan pesan kepada peserta bahwa, seorang insinyur harus mempunyai sifat akuntabel artinya adalah semua pekerjaan yang dilakukannya harus berdasarkan perhitungan yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan, karena jika ada kegagalan dalam pekerjaannya maka sangatlah besar taruhannya, tidak hanya akibat fisik namun termasuk tidak menutup kemungkinan banyak korban jiwa. Mahasiswa sangat antusias selama sesi diskusi dengan banyaknya pertanyaan mereka sampaikan. Acara ditutup dengan pemberian cindera mata dari DTK oleh panitia kepada Andre dan dilanjut foto bersama dengan panitia dan seluruh peserta kultam (erwepe@DTK.November2018)

Latest News

  • Selamat dan Sukses atas pengukuhan Guru Besar Prof. Herman Pratikno, S.T., M.T., Ph.D

        Selamat Bertugas prof. Herman pratikno Semoga selalu amanah serta senantiasa diberikan kesehatan agar dapat mengemban tugas dengan

    01 Mar 2024
  • Dong-A University Korea Has Visited Ocean Engineering ITS

          DTK-NEWS. Rizky Pitajeng—Dong-A University graduate student visit Ocean Engineering ITS (21/2/2024) with Ferdita Syalsabila as moderator

    26 Feb 2024
  • Edukasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja untuk Nelayan Surabaya Timur

      DTKNEWS-Minggu, 1 Oktober 2023, Kelompok Nelayan Medokan Ayu area wisata Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar beserta para volunteer

    04 Okt 2023