News

Tiga Mahasiswi Teknik Kelautan Raih Beasiswa Bergengsi dari ABS

Wed, 06 Mar 2019
12:51 PM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

DTK ITS NEWS – Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat dan lama, akhirnya 3 mahasiswi Prodi Sarjana (jenjang S1) Departemen Teknik Kelautan (DTK), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) berhasil terpilih sebagai penerima beasiswa ABS (American Bureau of Shipping) – ABS Scholarship 2018. Mereka adalah Annisa Aisyah Nurliana (angkatan 2015), Alyssa Shafira Azwan (angkatan 2016), dan Imas Aulia Faujia (angkatan 2016). Panganugerahan beasiswa secara resmi baru dilaksanakan pada 25 Pebruari 2019 di ruang sidang FTK oleh perwakilan ABS Surabaya Bpk. Sudai (Senior Surveyor).

 

Semua mahasiswa FTK penerima Beasiswa dari ABS (American Bureau of Shipping) berfoto bersama Dekan FTK, Perwakilan ABS-Surabaya, Kadep Teknik Kelautan, Sekprodi Teknik Perkapalan dan Dosen wakil dari Teknik Transportasi Laut.

 

ABS adalah salah satu perusahaan klasifikasi bangunan laut (baik kapal maupun anjungan lepas pantai) ternama di dunia diantara perusahaan sejenis lainnya seperti LR (UK), ClassNK (Japan), GL (Germany), dll. ABS menjadi salah satu stake holder dan telah lama menjadi partner FTK. Banyak kerja sama yang telah dibina sehingga banyak alumni FTK, termasuk alumni DTK, yang bekerja dan berkiprah secara profesional di perusahaan ABS.

Untuk itu sebagai bentuk apresiasi dari ABS adalah adanya program pemberian beasiswa (ABS Scholarship) bagi mahasiswa-mahasiswa FTK berprestasi yang sudah dimulai sejak tahun 2012. Dalam kesempatan penganugerahan beasiswa tahun ini, Bpk. Sudai menyampaikan bahwa tujuan program ini tidak lain adalah untuk mengapresiasi prestasi mahasiswa dalam bentuk pemberian bantuan dana guna mendukung proses studinya di FTK. Sehingga diharapkan dapat memberikan motivasi lebih serta turut mendorong kesuksesan studinya. Setiap tahun ABS akan memberikan beasiswa untuk 3 mahasiswa terpilih untuk tiap depertemen di FTK, sehingga total tiap tahun akan ada 12 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari ABS ini bagi 4 depertemen yang ada di FTK. Sifat beasiswa ini kompetitif bagi para pelamar yang memenuhi syarat dan melalui seleksi yang cukup ketat.

 Tiga orang mahasiswi Teknik Kelautan jenjang Sarjana penerima Beasiswa ABS 2018 berfoto bersama Dekan FTK, Perwaklan ABS Surabaya, dan Kadep DTK.

 

 

Dekan FTK, Prof. Ir. Achmad Zubaydi, M.Eng, Ph.D memberikan pesan, agar para penerima beasiswa benar-benar mempergunakan dana beasiswa tersebut untuk keperluan akademis mereka, bukan disalahgunakan untuk keperluan lainnya yang sifatnya kurang penting/mendukung studinya di FTK. Sehingga maksud dan tujuan pemberian beasiswa tersebut tercapai serta tepat sasaran, dan tidak mengecewakan pihak pemberi beasiswa. Hal ini senada dengan sambutan salah satu mahasiswa penerima beasiswa, Annisa Aisyah Nurliana (dari DTK) sebagai wakil dari para penerima beasiswa. “Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak ABS yang telah memberikan beasiswa kepada kami dan akan kami pergunakan dengan sebaik-baiknya untuk keperluan yang mendukung studi kami di ITS”, kata mahasiswi asal Kepulauan Riau ini.

Tampak semua yang hadir menunjukkan wajah dan kesan bahagia, lebih-lebih para mahasiswa penerima beasiswa tersebut. Orang tua kalian pasti akan bangga dan bahagia atas prestasi kalian ini. Semoga segera muncul mahasiswa-mahasiwa DTK berprestasi lainnya sebagai calon-calon penerima ABS Scholarship di tahun 2019 ini. [@eRWePe.DTK.2019].

Latest News

  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021
  • Webinar Kewirausahaan “Be A Young Entrepreneur”

    DTK NEWS – Webinar Kewirausahaan dengan tema “Be A Young Entrepreneur” diselenggarakan oleh Tim Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan

    10 Jun 2021