News

Tiga mahasiswa DTK turut mengantarkan PSM ITS Sabet Enam Gelar Juara di Italia

Mon, 22 Jul 2019
8:52 AM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Tiga orang mahasiswa Departemen Teknik Kelautan (DTK) turut mengantarkan sukses PSM ITS dalam The 3rd Leonardo da Vinci International Choral Festival di Firenze, Italia, 9-12 Juli 2019. Mereka adalah Yousef Rio Gunawan, Moch. Haryo Menggolo Putro dan Mohammad Hadiyan Ghafara. Ketiganya telah berlatih dengan dedikasi tinggi untuk kesuksesan PSM ITS.

Teknik Kelautan News – Bahwasanya pada 9-12 Juli 2019 lalu, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah sukses menyabet enam gelar juara di ajang bergengsi the 3rd Leonardo da Vinci International Choral Festival di Firenze, Italia. Keenam gelar tersebut adalah juara 1 kategori Sacred Music, juara 1 kategori Folk, dan juara 2 masing-masing untuk kategori Youth & University Choirs, Best Male Soloist, Best Female Soloist, serta Best Choreography. PSM ITS merupakan satu-satunya perwakilan dari Indonesia, diantara peserta dari Amerika Serikat, Denmark, Tiongkok, Costa Rica, Filipina, Spanyol, Serbia, Korea Selatan, Taiwan dan Italia.

Tiga mahasiswa DTK bersama tim PSM ITS mengenakan kostum klasik di ajang The 3rd Leonardo da Vinci International Choral Festival, Firenze, Italia.

Di negara yang beribukotakan Roma ini, PSM-ITS sudah memberikan yang terbaik ketika membawakan total 12 buah lagu yang terdiri dari lagu folklor dan lagu-lagu klasik. Tak hanya aksi panggung, guna menambah kualitas tampilan di panggung, PSM ITS pun mengenakan dua jenis kostum yang berbeda yakni kostum bertema klasik dan kostum etnik berbahan kain tradisional khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Di antara rombongan PSM ITS yang berjumlah 35 orang, terdapat 3 orang mahasiswa DTK yang turut berperan dalam PSM yaitu Yousef Rio Gunawan (Angkatan 2015), Moch. Haryo Menggolo Putro (Angkatan 2015), dan Mohammad Hadiyan Ghafara (Angkatan 2016). Selain sibuk menggeluti bidang akademis Teknik Kelautan yang sedang mereka jalani, Rio (Mahasiswa kelahiran Jakarta), Haryo (Mahasiswa kelahiran Surabaya), dan Hadiyan (Mahasiswa kelahiran Surabaya) telah mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikirannya demi kecintaannya secara sungguh-sungguh pada tim PSM-ITS ini. Seolah-olah telah tertebus semua jerih payah selama ini, dengan prestasi yang baru saja mereka torehkan dengan tinta emas untuk “ibu yang luhur” ITS.

Tiga mahasiswa DTK anggota tim PSM ITS. Ki-Ka: Rio, Hadiyan, dan Haryo

Tiga mahasiswa DTK anggota tim PSM ITS. Ki-Ka: Rio, Hadiyan, dan Haryo.
Menurut pembina PSM ITS, Dr.Ing. Ir. Bambang Soemardiono, setelah beberapa kali berkompetisi di luar negeri dan meraih gelar juara, ini adalah capaian tertinggi PSM ITS. “Setelah berkompetisi selama enam kali di luar negeri seperti Korea Selatan, Italia, Spanyol dan Inggris, kita bisa mempersembahkan yang terbaik untuk ITS tahun ini,” tutur dosen Departemen Arsitektur ITS ini.

PSM ITS di The 3rd Leonardo da Vinci International Choral Festival dengan kostum etnik khas Lombok.

Pada kesempatan yang sama, “Kerja keras dan komitmen para anggota tim telah membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga ini bisa memotivasi kita semua untuk terus maju,” jelas Budi Susanto Yohanes selaku konduktor tim PSM ITS. [@eRWePe_DTK_ITS].

Latest News

  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021
  • Webinar Kewirausahaan “Be A Young Entrepreneur”

    DTK NEWS – Webinar Kewirausahaan dengan tema “Be A Young Entrepreneur” diselenggarakan oleh Tim Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan

    10 Jun 2021