News

Tenaga Kependidikan DTK harus Menguasai MS-Office

Wed, 17 Jul 2019
4:39 PM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Di era masa kini keterampilan mengoperasikan software seperti Microsoft (MS) Word, Excel, PowerPoint, dan sebagainya, adalah salah satu keahlian atau skill yang harus dikuasai. Kemampuan menggunakan 3 software ini bagi tendik DTK sejalan dengan semangat ITS-PTNBH. Spirit terus belajar dari waktu ke waktu meningkatkan kompetensi diri guna mendukung tupoksi sebagai tendik ITS. Tendik DTK telah memulai, dan akan terus berproses memperbaiki diri !

Teknik Kelautan News – Pada tanggal 27 Juli 2019, bertempat di Ruang Sidang Lab Komputer -DTK diselenggarakan evaluasi tahap akhir Training MS-Office Tingkat Dasar, yang diikuti oleh sebagian Tenaga Kependidikan (tendik) DTK yaitu Juni Harijanto (Teknisi Studio Perancangan), Yatiran (Teknisi Lab.), Wawan Aschab (Administrasi), Utomo (Administrasi), Nuryadi (Caraka), Catur (Caraka), Ahmad Muzammil (Petugas Parkir), Doni (Teknisi), Slamet widodo (Teknisi), dan Mudjiono (Teknisi). Evaluasi tahap akhir Training Microsoft Office ini, bertujuan untuk mengukur kemampuan tendik setelah mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan MS-Office sebelumnya selama sekitar 1,5 bulan. Mengingat kesibukan harian para tendik, maka pelatihan diberikan secara bertahap.

Dwi Purnomo Hendradata S.T., MT sedang memberikan briefing sebelum pelaksanaan ujian.

Sebelum ujian dimulai, Dwi Hendra, salah satu tendik DTK yang menjadi tutor memberikan penjelasan pendahuluan tentang materi ujian. Materi yang diujikan pada saat evaluasi meliputi: a) Materi Microsoft Word: Membuat Surat Permohonan Izin, b) Materi Microsoft Excel: Membuat Laporan Pembelian barang, dan c) Materi Microsoft PowerPoint: Peserta diwajibkan memaparkan hasil ujian Word dan Excel. “Mulai saat ini, tendik DTK harus tidak ada lagi yang tidak bisa mengoperasikan MS-Office, bahkan tendik caraka dan penjaga parker sekalipun. Di era ITS-PTNBH ini kompetensi tersebut menjadi keharusan agar tendik DTK tidak tertinggal dan dapat makin optimal dalam menjalankan tupoksinya masing-masing. Untuk itu manajemen DTK harus segera melakukan pelatihan ini”, pesan Kadep DTK Dr.Eng. Rudi W. Prastianto saat memberikan kata sambutan sebelum dimulainya ujian.

Salah satu peserta ujian, Juni Harijanto, sedang melaksanakan Ujian Presentasi

Peserta Training Microsoft Office berfoto bersama Kadep Teknik Kelautan, Dr.Eng. Rudi Walujo Prastianto, S.T., M.T.

Pada saat ujian Presentasi menggunakan Microsoft Powerpoint ada hal sangat menarik, karena para peserta memaparkan hasil ujiannya di depan Bapak Dr.Eng. Rudi Walujo Prastianto, S.T., M.T., Kepala Departemen Teknik Kelautan. Terkadang peserta agak grogi, sehingga tak pelak gelak tawa para peserta riuh pada saat melihat rekan tendik maju untuk mempresentasikan materi ujiannya. Karena bagi sebagian peserta, presentasi adalah pengalaman pertama kali yang mereka lakukan. Supaya tidak menjadi pertama kali selamanya , maka harus segera mulai dilakukan. Maka pengalaman kedua, ketiga dan selanjutnya akan segera menanti … (@zud_eRWePe_DTK_2019).

Latest News

  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021
  • Webinar Kewirausahaan “Be A Young Entrepreneur”

    DTK NEWS – Webinar Kewirausahaan dengan tema “Be A Young Entrepreneur” diselenggarakan oleh Tim Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan

    10 Jun 2021