News

SERI LAPORAN KE-2 KUNJUNGAN KE ISTANBUL, TURKI

Fri, 30 Nov 2018
1:34 PM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

SERI LAPORAN KE-2

KUNJUNGAN KE ISTANBUL, TURKI

14 – 17 November 2018

Agenda Utama:

Yücel Odabaşi Colloquium Series

3rd International Meeting

Progress in Propeller Cavitation and Its Consequences –

Experimental and Computational Methods for Predictions

(AYO-COL 2018)

Penulis: Eko B. Djatmiko

Editor: Rudi W. Prastianto

 

Di hari pertama Kolokium Ilmiah A. Yücel Odabaşi Colloquium Series, 3rd International Meeting (AYO-COL 2018) di Istanbul Turki ini, Prof. Eko Budi Djatmiko bertugas sebagai Chairman pada Sesi #4. Topik makalah yang disajikan di hari pertama ini mayoritas tentang studi Kavitasi propeler pada kapal, baik dikaji secara numerik maupun eksperimen model fisik di laboratorium.

Hari Pertama Pelaksanaan AYO-COL 2018 dilaksanakan pada Kamis 15 November 2018, dengan peserta sekitar 50 orang, berasal dari berbagai negara. Lokasinya di kampus Faculty of Naval Architecture & Ocean Engineering (FNAOE) – ITU. Penjelasan singkat tentang program AYO-COL 2018 dapat dilihat pada Gambar 1.

Pada hari pertama dipresentasikan 8 technical paper yang terbagi dalam 4 sesi, yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 16.45. Selain itu terdapat 2 paparan dari Keynote Speaker di Sesi 1 (pagi) dan Sesi 2 (Siang). Sesi 1 terdiri dari 2 paparan, Sesi 2 dengan 4 paparan, Sesi 3 dengan 3 paparan, dan Sesi 4 dengan 2 paparan. Lingkup topik makalah teknik yang dipaparkan di hari pertama mayoritas tentang Kavitasi propeler pada kapal dalam tinjauan studi numerik dan eksperimen model fisik. Secara minor ada paparan yang secara khusus tentang Hidrodinamika Kapal. Keterangan tentang Jadwal Presentasi Peserta AYO-COL 2018 selengkapnya dapat dilihat pada Gambar 2.

Acara pada hari pertama diawali dengan presentasi oleh Prof. E Korkut dari FNAOE-ITU, menjelaskan tentang progress pembangunan cavitation tunnel besar yang sedang berlangsung di FNAOE-ITU. Dengan tersedianya fasilitas uji dengan kapasitas yang lebih besar maka dimensi model uji dapat diperbesar, sehingga diharapkan validitas hasil riset jauh menjadi lebih baik. Selanjutnya disampaikan Keynote Address #1 oleh Prof. M Abdel-Maksoed dari Technische Universität Hamburg, Germany. Beliau memaparkan hasil simulasi numerik tentang efek penskalaan pada fenomena kavitasi pada propeler kapal. Kemudian disusul dengan Sesi 2 dimana di dalamnya dipaparkan 4 judul makalah yang membahas hasil penelitian numerik dan pengujian model fisik tentang kavitasi propeler pada kapal.

Gambar 1. Penjelasan singkat program AYO-COL 2018

Pada tengah hari Keynote Address #2 oleh Prof. P Brandner dari Australian Maritime College, Tasmania – Australia disampaikan di Sesi 3 yang dimoderatori oleh Prof. Y. L. Young. Prof. Brandner menyampaikan masalah pengembangan model eksperimen dalam kajian hidrodinamika kapal. Selanjutnya disusul dengan 2 makalah yang membahas hasil eksperimen di fasilitas tunel kavitasi.

Di hari pertama ini, saya mendapatkan tugas sebagai Chairman pada Sesi #4 yang memimpin presentasi 2 makalah ilmiah, juga tentang hasil pengujian model fisik dan efek propeler pada manuver kapal.

Gambar 2. Jadwal presentasi selengkapnya program AYO-COL 2018

Gambar 3. Saya bertugas sebagai Chairman Sesi #4 AYO-COL 2018

Gambar 4. Foto-foto suasana AYO-COL 2018

Acara AYO-COL 2018 hari pertama diakhiri dengan Gala Dinner di Hilton Istanbul Bosphorus mulai pukul 19.30 hingga selesai.

Gambar 5. Gala Dinner AYO-COL 2018 di Hilton Istanbul Bosphorus

Di sela-sela acara Kolokium, pada sore hari saya mendapat kunjungan pak Nurhadi, dosen muda Teknik Sistem Perkapalan – ITS  yang sedang melaksanakan program sandwich S3 di Universitas Eskişehir, Turkey, dengan pendanaan dari Erasmus Mundus. Sebagian kuliah dari program sandwich ini dilakukan di Departemen Teknik Sistem Perkapalan – ITS sendiri.

Gambar 6. Bersama pak Nurhadi dosen muda Teknik Sistem Perkapalan ITS

Note:

AYO-COL adalah acara colloquium yang diselenggarakan tiap 2 (dua) tahunan oleh Faculty of Naval Architecture & Ocean Engineering (FNAOE) – ITU, untuk memper­ingati/ memberikan penghormatan kepada almarhum Prof. A. Yücel Odabaşi, ilmuwan teknik perkapalan yang dianggap sebagai perintis FNAOE-ITU (@EBeDe&eRWePe).

Latest News

  • Bantu Penanggulangan Covid-19, Mahasiswa DTK ITS Salurkan Sembako dan Menyemprotkan Disinfektan di Desa Jatigedong, Kabupaten Jombang

      JOMBANG – DTK ITS:  Mahasiswa Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang

    01 Aug 2020
  • Ocean Engineering Webinar Series #2

    Ocean Engineering Webinar Series #2 merupakan webinar kedua yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kelautan. Webinar Series kedua ini mengangkat

    24 Jul 2020
  • Ocean Engineering webinar series

    Pada hari Rabu 1 Juli 2020, Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember telah menyelenggarakan acara

    07 Jul 2020