News

SERI LAPORAN HARI KE-1 KUNJUNGAN KE ISTANBUL, TURKI

Thu, 29 Nov 2018
3:51 PM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

SERI LAPORAN HARI KE-1

KUNJUNGAN KE ISTANBUL, TURKI

14 – 17 November 2018

Agenda Utama

Yücel Odabaşi Colloquium Series

3rd International Meeting

Progress in Propeller Cavitation and Its Consequences –

Experimental and Computational Methods for Predictions

(AYO-COL 2018)

 

Penulis: Eko B. Djatmiko

Editor: Rudi W. Prastianto

Reportase kali ini berupa laporan lawatan Prof. Eko Budi Djatmiko ke Istanbul Turki dalam rangka mengikuti event Kolokium Ilmiah bertajuk A. Yücel Odabaşi Colloquium Series, 3rd International Meeting (AYO-COL 2018) yang diselenggarakan di Faculty of Naval Architecture & Ocean Engineering (FNAOE) – Istanbul Teknik Üniversitesi (ITU). Laporan disajikan dalam beberapa seri. Beberapa manfaat dari lawatan ini dapat menjadi pelajaran, inspirasi, bahkan peluang kerja sama yang baik bagi kita di Departemen Teknik Kelautan (DTK) – ITS.

Lawatan diawali jam 00:25 flight dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, dengan Qatar Air menuju Turki. Jam 05:35 tiba di Dhoha waktu setempat, transit sekitar 2 jam, dilanjutkan dengan flight dari Dhoha jam 07:40 ke Istanbul. Jam 12:25 Tiba di Bandara Ataturk, Istanbul, Turki. Dijemput di Bandara Ataturk oleh mas Yoga, mahasiswa Indonesia yang studi di Istanbul. Mas Yoga sudah lulus studi B.Eng Teknik Penerbangan di Istanbul Teknik Üniversitesi (ITU), kemudian melanjutkan Master program di Marmara University.

Di Bandara Ataturk bersama mas Yoga, mahasiswa Indonesia Magister Marmara Univ.-Turki dan di depan papan petunjuk di kampus ITU.

Dari Bandara Ataturk langsung diantar ke Dormitory di ITU, dan bertemu Prof. Ismail Helvacioglu, kawan lama saya, dulu sama-sama belajar di Glasgow University, UK, pada akhir tahun 1980 dan awal 1990an. Sekarang sebagai dekan FNAOE-ITU.

Makan siang dengan Prof. Ismail Dekan FNAOE-ITU.

Di kesempatan sore harinya, dapat bertemu Prof. Mehmet Atlar dari Univ. of Strathclyde, UK, mentor saya sewaktu studi program master di University of Glasgow tahun 1986-1988 dulu, dan Prof. Moustafa Abdel-Maksoud dari TUHH Hamburg, yang sempat saya kunjungi bersama Tim SIDI pada bulan Juni 2016. Mereka sama-sama datang ke Istanbul untuk menghadiri Kolokium AYO-COL 2018.

Bersama Prof. Mehmet Atlar (Univ. of Strathclyde, UK) dan Prof. Moustafa Abdel-Maksoud (TUHH Hamburg) beserta istrinya.

Setelah cukup berjalan-jalan di sekitar serta menikmati pemandangan indah selat Bosphorus, pada malam harinya berkesempatan mengikuti jamuan makan malam bersama sejumlah peserta AYO-COL 2018, dengan menu seafood khas Istanbul. Mendapat kesempatan mengenal dan berbincang singkat dengan beberapa peserta yang akan berseminar bersama esok hari.

Sesi makan malam menu seafood dengan sejumlah peserta AYO-COL 2018

Sekilas tentang A. Yücel Odabaşi Colloquium Series:

 

Disingkat AYO-COL, adalah acara colloquium yang diselenggarakan tiap 2 (dua) tahunan oleh Faculty of Naval Architecture & Ocean Engineering (FNAOE) – ITU – Turki, untuk memper­ingati/penghormatan almarhum Prof. A. Yücel Odabaşi (1945-2009), ilmuwan teknik perkapalan (khususnya bidang Hidrodinamika Kapal) yang dianggap sebagai perintis FNAOE-ITU.

Kolokium ini diselenggarakan di Faculty of Naval Architecture & Ocean Engineering (FNAOE) – ITU – Turki, yang pertama diadakan tahun 2014 dengan tema “Propeller Noise and Vibrations”. Kemudian pada tahun 2016 Kolokium kedua bertemakan “Maneuvering of Ships and Submarines”. Sedangkan kolokium ketiga tahun 2018 ini mengambil tema “Progress in Propeller Cavitation and Its Consequences –Experimental and Computational Methods for Predictions”.

Pada kolokium ketiga ini akan dihadirkan 3 keynote speaker yaitu M. Abdel-Maksoud dengan paparan berjudul “Investigation of Scale Effects on Propeller Sheet and Tip Vortex Cavitation Based on Hybrid Simulation Methods”, P. Brandner dengan materi presentasi “Developments in Experimental Modelling of Two-Phase Flows in Naval Hydrodynamics”, dan Y. L. Young dengan paparan “Multi-functional Marine Structures:  New Frontiers for Cavitating and Ventilating Flows?”.  Makalah ilmiah lainnya sejumlah 17 judul akan dipaparkan selama dua hari (15-16 Nov 2018) yang terbagi dalam 7 Sesi Paralel. Informasi lebih detil tentang AYO-COL Ke-3 tahun 2018 bisa disimak di tautan: http://www.ayocol.itu.edu.tr/odabasi.html.

 

Sekilas Prof. A. Yücel Odabaşi:

Prof. Odabasi adalah seorang sarjana Teknik Perkapalan lulusan ITU tahun 1967, dan lanjut menyelesaikan jenjang doktornya (Ph.D) pada tahun 1971. Setelah itu berkarir di Universitas Strathclyde UK dan menekuni bidang stabilitas kapal dengan mengaplikasikan Teori Lyapunov hingga mendapatkan penghargaan dari STAB (STAB Award), setelah wafatnya tahun 2009, atas reputasi Internasionalnya. Pada tahun 1974 bergabung dengan BSRA dengan kontribusi signifikan pada bidang hidrodinamika kapal khususnya aspek wake scaling. Kemudian pada 1988 pindah ke USA sebagai direktur dan CEO pertama di BMT International.

Pada akhirnya beliau kembali ke ITU tahun 1991 dan berhasil menginspirasi banyak akademisi muda.  Di saat yang sama beliau berhasil memimpin Turkish Lloyd hingga dikenal di seluruh dunia. Beliau mendapatkan medali emas oleh NECIES-UK, dan beberapa penghargaan lainnya dari NAVSEA, SNAME, dan BSRA.

Latest News

  • Bantu Penanggulangan Covid-19, Mahasiswa DTK ITS Salurkan Sembako dan Menyemprotkan Disinfektan di Desa Jatigedong, Kabupaten Jombang

      JOMBANG – DTK ITS:  Mahasiswa Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang

    01 Aug 2020
  • Ocean Engineering Webinar Series #2

    Ocean Engineering Webinar Series #2 merupakan webinar kedua yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kelautan. Webinar Series kedua ini mengangkat

    24 Jul 2020
  • Ocean Engineering webinar series

    Pada hari Rabu 1 Juli 2020, Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember telah menyelenggarakan acara

    07 Jul 2020