News

Sehat, Bersih, dan Rapi ala DTK, Bukan ala Kadarnya.

Fri, 28 Jun 2019
9:27 AM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Benar kata orang, Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, Kebersihan adalah sebagian dari iman, dan Kerapian tanda kemantapan jiwa. Akhirnya Sehat, Bersih, dan Rapi adalah modal mahal yang utama untuk menuju keberhasilan dan kesuksesan.

Teknik Kelautan ITS NEWS – Salah satu subprogram kegiatan tiap tahun di lingkup ITS adalah pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kegiatan ini bisa berupa Event Olahraga/Aktivitas Fisik, Gerakan Anti Narkoba, Implementasi Kawasan Bebas Asap Rokok, atau Event terkait Kesehatan lainnya. Sehingga DTK (Departemen Teknik Kelautan) berkomitmen untuk menyukseskan gerakan tersebut dengan berpartisipasi aktif melaksanakannya di lingkup DTK.

Pembersihan dan perawatan taman di sekitar area DTK.

Rutinitas kegiatan kebersamaan berupa olah fisik seperti pada kuartal I 2019 masih terus berjalan. Pada kuartal II ini olah raga bersama berupa sepak bola mini (mini soccer) yang dilaksanakan di lapangan di ITS setiap hari Selasa usai jam kerja, juga telah dilaksanakan sebanyak 6 kali, yakni pada tanggal 2, 9, 16, 23 dan 30 April serta 18 Juni 2019.

Tim Sepakbola Departemen Teknik Kelautan

Para tendik DTK sangat menikmati kegiatan olah raga bersama ini. Selain jelas untuk menjaga kebugaran, stamina, dan kesehatan tubuh, aktivitas ini ternyata ampuh untuk menjaga kebersamaan dan keakraban antar tendik. Semangat kekeluargaan terasa semakin kuat. Tak kalah pentingnya telah dirasakan sebagai wahana pelepas penat dan stress yang mujarab setelah berkutat menunaikan tugas dan kewajiban kerja. Tentu Team ini siap berprestasi !

Pembersihan dan perbaikan saluran air hujan serta pentaan barang di gudang

Sedangkan kegiatan rutin bersama lainnya yang dilaksanakan secara insidentil untuk membenahi lingkungan departemen yang telah dilaksanakan di antaranya adalah: (i) Pembenahan pipa saluran air hujan pada beberapa areal gedung DTK dan penataan barang di gudang pada tanggal 2-3 Mei 2019, (ii) Kerja bakti memangkas pohon yang sudah terlalu tinggi untuk menghindari tumbang atau patah karena angin di musim hujan serta membersihkan areal tersebut kembali pada tanggal 12 Juni 2019, dan (iii) Kerja bakti membersihkan lingkungan dan taman departemen khususnya areal lahan samping utara gedung DTK pada tanggal 14 Juni 2019.

Pohon-pohon tinggi perlu dipangkas agar aman dari angina kencang saat hujan.

Tidak ketinggalan pula kerja bakti pembersihan, pemilahan dan penataan dokumen-dokumen di sebagian ruang dosen pada tanggal 13 Juni 2019. Ini salah satu praktek Gerakan 5S+S yang sedang digalakkan di ITS, tak terkecuali di DTK.

Semua kegiatan tersebut akan terus diupayakan berjalan berkelanjutan dan selalu ditingkatkan. Sehingga kondisi yang Sehat, Bersih, dan Rapi tidak hanya menjadi slogan saja, dan tidak berjalan ala kadarnya. [@Bakuh_eRWePe_2019].

Latest News

  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021
  • Webinar Kewirausahaan “Be A Young Entrepreneur”

    DTK NEWS – Webinar Kewirausahaan dengan tema “Be A Young Entrepreneur” diselenggarakan oleh Tim Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan

    10 Jun 2021