News

Roadshow CommTECH Camp Insight 2018

Mon, 07 Jan 2019
11:03 AM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Dukungan dan komitmen Departemen Teknik Kelautan (DTK) dalam mewujudkan “ITS Goes Global” diwujudkan dengan berpartisipasi pada kegiatan Roadshow CommTECH Camp Insight 2018. Kegiatan International Office (IO) ITS ini dimaksudkan sebagai sarana masyarakat seluruh dunia untuk belajar mengenai komunitas dan isu global melalui berbagai variasi aktivitas, termasuk mahasiswa. Roadshow di DTK kali ini dilaksanakan di Ruang Sidang Teknik Kelautan yang dibuka oleh Sekretaris Departemen Bapak Yoyok Setyo Hadiwidodo, S.T., M.T., Ph.D. Mahasiswa DTK yang hadir adalah para anggota dan fungsionaris himpunan mahasiswa.

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai program kegiatan yang ada di Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan ITS (HIMATEKLA) oleh Ketua Himpunan, Ramadhani Satya. Selanjutnya dilakukan sharing session oleh tiga pembicara mengenai kultur dan suasana perkuliahan di Univeritas tempat pembicara berasal. Sharing session ini dikemas dengan santai dan menarik sehingga menimbulkan antusiasme peserta yang cukup tinggi.

Pembicara pertama adalah Prof. Dr. Christopher Stoller dari Baden-Wuettenberg Cooperative State University (Germany), seorang profesor di bidang Logistic Management. Profesor Stoller bercerita mengenai kehidupan kampus yang cukup berbeda dengan ITS dimana mahasiswa di sana kebanyakan adalah mahasiswa yang dikirim oleh suatu perusahaan untuk belajar bidang tertentu yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Lulusan dari Baden-Wuettenberg Cooperative State University, Germany banyak menempati perusahan-perusahaan besar di Jerman. Beliau juga menegaskan bahwa untuk belajar di Jerman mahasiswa asing harus bisa berbahasa Jerman. Karena mayoritas universitas menggunakan Bahasa Jerman dalam proses perkuliahannya.

Pembicara selanjutnya adalah Mrs. Jennifer Montero dari University of St. La Salle- Bacolod Philipines (Division of Center for Linkages and International Affairs) dan Mrs. Wang Ge dari Tokyo International University (TIU), Japan. Beliau juga menjelaskan bagaimana suasana perkuliahan, kehidupan mahasiswa, kultur dan budaya di University of St. La Salle yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang juga sebagai sesi akhir acara ini. Sesi ini berlangsung sangat aktif dan interaktif, sehingga mendapatkan apresiasi dari ketiga pembicara. Peserta sangat puas dengan aktivitas ini dan roadshow CommTECH Camp Insight 2018 ini dirasa mampu memberikan dampak positif bagi mahasiswa terkait dengan pendidikan dan toleransi yang baik serta bijaksana terhadap banyaknya kultur yang ada di dunia. (reporter: rsp/editor: nsa, rwp).

Latest News

  • Boost Your Mood for Exploring Wider World

    Pada Selasa, 7 Desember 2021 diselenggarakan Sharing Session bertemakan “Boost Your Mood for Exploring Wider World” yang diisi oleh 

    13 Dec 2021
  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021