News

Perkuat Kerjasama Maritim Nasional, HIMATEKLA hadiri Musyawarah Nasional VI PERHIMATEKMI 2019

Thu, 21 Nov 2019
7:47 AM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

DTKNEWS – Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang memiliki fokus bidang maritime (Kelautan), tentunya Departemen Teknik Kelautan (DTK) tidak melewatkan kesempatan untuk mengikuti Pekan Maritim Indonesia 2019 (PMI 2019) yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Teknologi Maritim Se-Indonesia (PERHIMATEKMI) di Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Kabupaten Gowa, Makassar pada Jumat hingga Minggu (25 – 27 Oktober 2019). Kegiatan ini diikuti oleh dua belas himpunan mahasiswa yang berasal dari Universitas Pembangunan Negara “Veteran” Jakarta hingga Universitas Halu Oleo, Kendari. PERHIMATEKMI merupakan sebuah perhimpunan organisasi mahasiswa dalam bidang teknologi maritim se-Indonesia yang memiliki misi untuk memajukan bidang maritim nasional melalui kontribusi dan sinergi yang dibangun oleh mahasiswa.

Untuk itu Departemen Teknik Kelautan (DTK) melalui HIMATEKLA FTK ITS mengutus tiga orang mahasiswa sebagai delegasi dalam kegiatan ini yaitu, Arif Windiargo (Ketua HIMATEKLA FTK ITS 2019), Muhammad Yasyril Mumtaz (Wakil Ketua HIMATEKLA FTK ITS 2019 di bidang Eksternal), dan Amirrulloh Arif Rachman Hakim (Staff Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa di tingkat Fakultas – BEM FTK). Peran serta staff HIMATEKLA FTK ITS ini menjadi salah satu bentuk peran aktif HIMATEKLA FTK ITS dalam mewujudkan sinergi maritim nasional. Serta untuk mendukung misi dari DTK “tanggap terhadap perkembangan untuk menjadi solusi permasalahan masyarakat dalam lingkup nasional dan global” dengan berperan aktif dalam kegiatan antar mahasiswa maritim se-Indonesia tersebut.

 

Hari Pertama (25 Oktober 2019)

Kegiatan Pekan Maritim Indonesia 2019 dibuka dengan sambutan dari pembina PERHIMATEKMI Bapak Ir. Tjahyono Roesdianto yang merupakan Dewan Penasehat IPERINDO (Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia). Beliau menyampaikan bahwa PERHIMATEKMI memiliki peran penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu bersaing dengan bangsa asing dalam mewujudkan kesejahteraan banga Indonesia melalui sektor maritim. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum PERHIMATEKMI 2019/2020, M. Fathan Mausulunnajib dan Ketua Pelaksana.

Setelah serangkaian sambutan yang diberikan, dilanjutkan dengan agenda Seminar Kemaritiman bertemakan “Penguatan Sektor Maritim Indonesia Melalui Penggalian Potensi Lokal Menuju Indonesia Emas 2045″ yang dibawakan oleh Bapak Ir. Tjahyono Roesdianto, Bapak Farid Padang (Direktur PT. PELINDO IV), Bapak Daeng Parokka S.T., M.T., Ph.D (Dosen Departemen Teknik Kelautan, FT-UNHAS), dan Bapak M. Iqbal Suhaeb (PJ Walikota Makassar) yang mewakili dalam membahas aspek kebijakan, industri, dan pendidikan di bidang maritim.

 

Hari Kedua (26 Oktober 2019)

Selanjutnya, dalam rangkaian kegiatan Pekan Maritim Indonesia 2019 di hari kedua ini dilakukan presentasi karya tulis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bertemakan maritim bagi peserta yang telah lolos seleksi pada pertengahan bulan Oktober lalu. LKTI ini diikuti oleh lebih dari dua puluh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, dimana hanya ada sepuluh peserta yang dapat lolos seleksi dan melanjutkan ke babak final ini. Kesepuluh peserta berasal dari Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Kalimantan, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, Poltekkes Kemenkes Makassar, Universitas Riau, Universitas Prasetya Mulya, Universitas Pattimura, dan Politeknik Negeri Banyuwangi.

Setelah presentasi selesai dilakukan, dilanjutkan dengan Kegiatan pembukaan Musyawarah Nasional VI PERHIMATEKMI yang dihadiri oleh dua belas himpunan yang merupakan Anggota PERHIMATEKMI.

Hari Ketiga (27 Oktober 2019)

Di hari ketiga, Kegiatan Musyawarah Nasional VI PERHIMATEKMI dimulai dengan melakukan pengesahan Politeknik Negeri Banyuwangi sebagai anggota baru PERHIMATEKMI dan dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban periode kepengurusan 2018/2019. Dalam forum ini semua anggota dan calon anggota saling mengkritisi, dan memberikan argumennya untuk memberikan evaluasi terhadap kepengurusan saat ini, termasuk dari delegasi Teknik Kelautan ITS yang turut berperan aktif dalam memberikan evaluasi dan solusi terhadap permasalahan yang ada.

Acara kemudian dilanjutkan dengan agenda pemilihan Ketua Umum dan pemilihan Koordinator Wilayah baru untuk Periode 2019/2020. Dari dua orang nama yang dicalonkan sebagai kandidat Ketua Umum yang lolos fit and proper test, terpilih Saudara Andi Muhammad Khayru Rizal, dari Departemen Perkapalan Universitas Hasanuddin sebagai Ketua Umum yang baru. Sekaligus menetapkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS – Surabaya) sebagai Koordinator Wilayah Timur dan Universitas Diponegoro sebagai Koordinator Wilayah Barat.

Rangkaian kegiatan Pekan Maritim Indonesia 2019 akhirnya ditutup dengan kegiatan “Ramah Tamah” sekaligus malam penganugerahan gelar juara LKTI yang mana Institut Pertanian Bogor sebagai juara utamanya.

Merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa bagi delegasi HIMATEKLA ITS untuk dapat mengikuti kegiatan ini. Semoga makin menginspirasi banyak mahasiswa DTK – ITS untuk lebih dapat berperan aktif dan kontributif dalam kegiatan kemahasiwaan antar instansi seperti ini.

Jayalah Maritim Indonesia, Jayalah Bangsaku ! … Salam Maritim !

(@amrrllharf_eRWePe_2019)

Latest News

  • Dokumentasi : Kunjungan Profesor dan Mahasiswa Master & PhD Osaka University Jepang

    Dokumentasi Kunjungan Profesor dan Mahasiswa Master & PhD Osaka University Jepang ke Departemen Teknik Kelautan FTK ITS dalam rangka

    28 Feb 2020
  • TIM MAHASISWA TEKNIK KELAUTAN MENANGI PETROFEST 2019

    Di level nasional, mahasiswa Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS kembali menorehkan prestasi. Kali ini di ajang Petrofest 2019 yang

    02 Jan 2020
  • Mahasiswa Teknik Kelautan gondol Honorable Mention di Event Asia World Model United Nations (MUN) III 2019

    Menjelang akhir 2019, seorang mahasiswa Prodi Sarjana Teknik Kelautan, Anastasia Amelia Ananda Djuang, berhasil mengharumkan nama Departemen Teknik Kelautan

    30 Dec 2019