News

Pelatihan Software Disain Anjungan Lepas Pantai 2019

Tue, 17 Dec 2019
11:06 AM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Kemajuan sebuah bangsa tidak lepas dari peran pendidikan, riset, serta perkembangan dan tingkat penguasaan teknologinya. Untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan pemikiran dan ide-ide cemerlang serta upaya-upaya dari generasi muda termasuk mahasiswa hingga mencapai kompetensi tertentu. Demikian juga untuk mahasiswa prodi sarjana Teknik Kelautan, guna menambah dan memantapkan hardskill terkait dengan bidang studi yang dipelajari selama kuliah di Departemen Teknik Kelautan.

DTK NEWS – Sejumlah 20 mahasiswa Teknik Kelautan angkatan 2016 dan 2017 menjadi peserta pelatihan sebuah software disain yang berlangsung pada hari Jumat tanggal 22 November 2019. Pelatihan ini diselenggarakan oleh departemen keprofesian himatekla dengan ketua pelaksana Jimmy mahasiswa angkatan 2016 Departemen Teknik Kelautan (DTK) FTK ITS, dengan didampingi dosen muda Bpk. Raditya Danu Riyanto, ST., MT. Kegiatan dilakukan pukul 08.00 hingga 16.00 WIB di ruangan kelas WA-117 DTK, FTK-ITS dengan tutor seorang profesional di bidangnya, Bpk. Fajar Rachmadiarto, S.T., alumni Teknik Kelautan ITS.

Pelatihan Design Software ini dimaksudkan sebagai materi tambahan untuk mendukung materi yang didapatkan mahasiswa di kelas guna mendukung tugas-tugas perkuliahan. Tujuan lebih detilnya adalah melatih hardskill mahasiswa Teknik Kelautan dalam proses desain bangunan lepas pantai. Dalam jangka pendeknya adalah untuk menunjang perkuliahan, sedang proyeksi jangka panjangnya adalah untuk membentuk kompetensi utama dalam desain banguna laut guna kesiapan di dunia kerja.

Bentuk kegiatan dari pelatihan ini adalah pemaparan materi oleh tutor ke peserta secara dua arah. Materi yang akan diberikan dalam pelatihan adalah dasar-dasar penggunaan software serta penerapannya untuk Mata Kuliah pilihan, yaitu Mata Kuliah Sistem Tambat Bangunan Laut. Semuanya melalui modul yang diberikan oleh tutor kepada peserta.

Lebih detail kegiatannya, jam 08.00 – 11.20 WIB adalah Training Sesi1: (1). Quick review mooring analysis, (2). Pengenalan tools software, (3). Pemodelan mooring systems, dan (4). Running static. Dilanjut sesi siang yaitu dari jam 13.00 – 16.00 WIB yaitu Training Sesi2, terdiri dari: (1). Running dynamic, (2). Post processing, dan (3). Code review yang diperlukan dalam proses disain tersebut.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman mengenai pengoperasian Software Desain dan fungsinya untuk menunjang mata kuliah yang terkait di DTK dan bekal untuk kesiapan kerja bagi alumni DTK prodi sarjana. Di samping itu, kegiatan ini adalah bukti nyata kesekian kalinya atas kolaborasi DTK dengan alumninya yang berkelanjutan untuk bersama-sama membangun DTK dan dunia Teknik Kelautan Nasional. Atas perhatian dan dukungan yang diberikan, panitia dan manjamen DTK mengucapkan banyak terima kasih. [@eRWePe_DTK_2019_Sumber: LPJ-Hima].

Latest News

  • TIM MAHASISWA TEKNIK KELAUTAN MENANGI PETROFEST 2019

    Di level nasional, mahasiswa Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS kembali menorehkan prestasi. Kali ini di ajang Petrofest 2019 yang

    02 Jan 2020
  • Mahasiswa Teknik Kelautan gondol Honorable Mention di Event Asia World Model United Nations (MUN) III 2019

    Menjelang akhir 2019, seorang mahasiswa Prodi Sarjana Teknik Kelautan, Anastasia Amelia Ananda Djuang, berhasil mengharumkan nama Departemen Teknik Kelautan

    30 Dec 2019
  • Pelatihan Software Disain Anjungan Lepas Pantai 2019

    Kemajuan sebuah bangsa tidak lepas dari peran pendidikan, riset, serta perkembangan dan tingkat penguasaan teknologinya. Untuk mewujudkan semua itu

    17 Dec 2019