News

Kunjungan Pascasarjana DTK ke Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya

Thu, 27 Jun 2019
12:48 PM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Teknik Kelautan ITS News – Untuk meningkatkan kualitas input dan memperkaya proses pembelajaran serta internasionalisasi, Program Studi Pasca Sarjana Teknik Kelautan DTK ITS, telah melakukan kunjungan studi banding ke Program Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, Palembang. Kunjungan dan studi banding ini di laksanakan oleh Kadep Teknik Kelautan Dr. Eng. Rudi Walujo Prastianto, Kaprodi dan Sekprodi Pasca DTK Dr. Wahyudi dan Dr. Haryo Dwito Armono pada tangal 20 Mei 2019. Rombongan DTK diterima dengan ramah oleh Direktur Program Pasca Sarjana Univ. Sriwijaya Prof. Dr. Ir. Amin Rejo, M.P dan Wakil Direktur 1 (Bidang akademik) Sabaruddin, Ph.D. Juga sempat dihadiri oleh Warek I Univ. Sriwijaya. Selain itu beberapa utusan prodi terkait juga hadir diantaranya Prof. Dr. Nurhayati Damiri dari fakultas pertanian dan Prof. Dr. Ir. Eddy Ibrahim, MS dari teknik Pertambangan.

 

Gambar 1. Foto bersama dengan para pengelola Prodi Pasca Unsri-Palembang.

Dalam penjelasannya, Dr. Sabaruddin selaku Koord Program Double Degreee kala itu di Univ. Sriwijaya menyatakan bahwa Program Studi Pasca Sarjana Univ. Palembang, telah sukses melaksanakan Program kerjasama Double Degree dengan IHE Unesco Delft pada sejak tahun 2007 untuk bidang Integrated Lowland Development & Management Planning (DD-ILDM). Kerjasama pendidikan antara Universitas Sriwijaya dengan Unesco-IHE, Delft, Belanda tersebut ditandangani oleh: i) Rektor Universitas Sriwijaya, ii) Rektor Unesco-IHE, dan iii) Bappenas RI di Gedung Bappenas RI.
Dalam perkembangannya program ini telah menghasilkan alumni dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dari seluruh Indonesia. Tujuan Program Double Degree dengan IHE yang dilaksanakan di Univ. Sriwijaya adalah menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kemampuan pengelolaan lahan gambut di Indonesia.

Gambar 2. Serah terima cindera mata Kadep Teknik Kelautan ITS dengan Direktur Prodi Pascasarjana Unsri-Palembang.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut ini Dr. Wahyudi selaku Kaprodi Pasca Teknik Kelautan ITS, juga menyampaikan bahwa di Prodi S1 DTK sedang bekerjasama dengan Nuffic, IHE, TU-Delft dan Deltares untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan proses belajar mengajar di Bidang Pengelolaan Pesisir dan Muara (Coastal Engineering and Management). Diharapkan setelah kegiatan di S1 ini selesai dapat dilanjutkan ke kerjasama Double Degree dengan IHE untuk bidang Coastal and Port Engineering.

Gambar 3. Serah terima cindera mata antara Kaprodi Pascasarjana Tek Kelautan dengan Wakil Direktur 1 Prodi Pascasarjana Unsri-Palembang.

Tanggapan dan penerimaan dari Unsri yang disampaikan oleh, Dr. Sabaruddin sangat baik, bahkan dijelaskan juga bagaimana prosedur dan proses awal perintisan pendirian program Double Degree di UnSri. DTK banyak mendapatkan informasi dan kiat-kiat pendirian program ini.
Di akhir pertemuan Prof. Dr. Ir. Amin Rejo, M.P selaku Direktur Program Pasca Sarjana Univ. Sriwijaya menyampaikan kesiapan untuk membantu DTK dalam proses pendirian Program Double Degree Coastal Engineering and Management di PPSTK DTK di ITS. (RWP)

Latest News

  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021
  • Webinar Kewirausahaan “Be A Young Entrepreneur”

    DTK NEWS – Webinar Kewirausahaan dengan tema “Be A Young Entrepreneur” diselenggarakan oleh Tim Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan

    10 Jun 2021