News

Kuliah Tamu Teknik Kelautan: Offshore Pipeline Installation Project

Tue, 12 Nov 2019
10:01 AM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Masih dalam bulan Oktober 2019, Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS kembali menghelat kegiatan sebagai wujud kontribusi nyata alumni terhadap departemen dan mahasiswanya. Kali ini seorang alumni Teknik Kelautan angkatan 2003 yang telah berkiprah profesional selama 15 tahun di bidangnya, memberikan Kuliah Tamu kepada para mahasiswa Teknik Kelautan program Sarjana.

Departemen Teknik Kelautan (DTK) pada Jumat, 25 Oktober 2019 menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Offshore Pipeline Installation Project” dengan mengundang Rizal Fachrudin, ST, alumni Teknik Kelautan angkatan tahun 2003. Rizal, demikian pria yang sehari-hari bekerja sebagai Installation Manager di PT. Timas Suplindo, memberikan kuliah tamu yang komprehensif tentang topik Project Offshore Pipeline Installation yang menjadi spesialisasinya selama 15 tahun bekerja di perusahaan ini.

Kuliah tamu ini dilaksanakan di Aula B.G. Munaf, Faklutas Teknologi Kelautan (FTK) ITS, dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta. Di awal kegiatan dibuka oleh dosen muda Teknik Kelautan, Raditya Danu Riyanto, ST, MT, sebagai inisiator kegiatan, beserta dosen yang terspesialisasi di kegiatan Marine Operation, Murdjito, MSc.Eng. Kuliah berjalan sangat interaktif selama 2.5 jam, dimulai pukul 14.00 sampai dengan 17.00, diwarnai dengan diskusi penuh semangat yang sangat lancar mengalir.

Maklum saja, karena mahasiswa diperkenalkan dengan sisi lain pekerjaan instalasi pipa bawah laut. Alih-alih belajar tentang aspek engineering dan design dari operasi ini, Rizal memberikan kuliah yang lebih menitikberatkan kepada aspek manajemen proyek dan manajemen kegiatan. Rizal menjelaskan prosedur dengan gamblang mulai dari tahap bidding, engineering design, hingga manajemen proyek.

Selain menjelaskan hal terkait di atas, Rizal juga memberikan gambaran nyata tentang prosedur instalasi serta tahapan-tahapan yang harus diselesaikan. Kegiatan instalasi pipa bawah laut ini juga menghadapi berbagai macam masalah, Rizal pun menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah-masalah tersebut, dari sudut pandang Installation Manager.

Di akhir perkuliahan, Rizal memberikan pesan bahwa dalam mengejar karier sebagai insinyur Teknik Kelautan, mahasiswa harus bersabar dan harus selalu memiki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap bidang keilmuan yang ditekuni. [@RDA-eRWePe_Tekla].

Latest News

  • Dokumentasi : Kunjungan Profesor dan Mahasiswa Master & PhD Osaka University Jepang

    Dokumentasi Kunjungan Profesor dan Mahasiswa Master & PhD Osaka University Jepang ke Departemen Teknik Kelautan FTK ITS dalam rangka

    28 Feb 2020
  • TIM MAHASISWA TEKNIK KELAUTAN MENANGI PETROFEST 2019

    Di level nasional, mahasiswa Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS kembali menorehkan prestasi. Kali ini di ajang Petrofest 2019 yang

    02 Jan 2020
  • Mahasiswa Teknik Kelautan gondol Honorable Mention di Event Asia World Model United Nations (MUN) III 2019

    Menjelang akhir 2019, seorang mahasiswa Prodi Sarjana Teknik Kelautan, Anastasia Amelia Ananda Djuang, berhasil mengharumkan nama Departemen Teknik Kelautan

    30 Dec 2019