News

Kuliah Tamu “Heavy Lift & Marine Operation”

Fri, 25 Oct 2019
11:12 AM
News
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Komitmen Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS terus berlanjut dalam menjembatani dan membina hubungan antara alumni dengan departemen beserta mahasiswanya. Kali ini seorang alumni wanita yang telah berkiprah profesional di bidangnya Teknik Kelautan, berkesempatan memberikan Kuliah Tamu kepada para mahasiswa Teknik Kelautan program Sarjana

Suasana Kuliah Tamu oleh Hutami Widya Arini, ST. (alumni Teknik Kelautan angkatan 2010) di Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknologi Kelautan, ITS Surabaya

Departemen Teknik Kelautan (DTK) pada Rabu, 16 Oktober 2019 mengadakan kuliah tamu dengan tema “Heavy Lifting and Marine Operation” dengan mengundang Hutami Widya Arini ST, alumni Teknik Kelautan angkatan tahun 2010. Hutami, demikian beliau akrab dipanggil, yang bekerja sebagai Engineering Manager di PT. Gama Inti Samudera memberikan kuliah tamu yang komprehensif tentang topik Heavy Lifting dan Marine Operation yang menjadi spesialisasinya selama 5 tahun bekerja di perusahaan ini.

Dihadiri oleh kurang lebih 100 mahasiswa, peserta kuliah tamu tampak sangat antusias mendengarkan penjelasan Hutami, setelah sebelumnya kuliah tamu dibuka oleh Dr.Eng. Yeyes Mulyadi, ST, MSc, sebagai ketua Rumpun Mata Kuliah /kepala laboratorium Perancangan dan Konstruksi Bangunan Laut. Selama 2.5 jam mahasiswa banyak melontarkan pertanyaan yang terkait dengan marine operation dan mereka berkesempatan mendapatkan insight tentang bagaimana keterkaitan antara teori dan pengetahuan yang didapatkan di bangku perkuliahan dengan aplikasinya di dunia industri.

Dr.Eng. Yeyes Mulyadi, ST, M.Sc. (Kepala laboratorium Perancangan dan Konstruksi Bangunan Laut, DTK) berkesempatan membuka Kuliah Tamu.

Pada bagian heavy lifting, Hutami menjelaskan secara rinci tentang bagaimana engineering design yang harus dilakukan sebelum mengeksekusi sebuah operasi upending sebuah pressure vessel dengan berat hingga 100 ton. Penjelasan terkait design engineering dan keamanan operasi tersebut membuat mahasiswa mengerti bagaimana mengaplikasikan teori yang didapatkan di perkuliahan dengan kasus nyata di lapangan. Pada bagian selanjutnya tentang marine operation, Hutami menjelaskan secara gamblang tentang operasi load-out menggunakan beberapa metode seperti skidding, transporter, dan beberapa muatan yang dapat dilakukan secara self-moving. Diskusi berjalan sangat cair antara Hutami sebagai pemateri dan mahasiswa yang hadir.

Di akhir perkuliahan, Hutami beserta Dosen DTK yang menginisiasi kuliah tamu, Raditya Danu Riyanto, ST, MT. memberikan pesan kepada mahasiswa tentang betapa pentingnya kolaborasi antara industri dan Perguruan Tinggi (Departemen), salah satunya agar selalu dapat memperbarui ilmu dan pengetahuan serta wawasan yang diaplikasikan dan diajarkan di perkuliahan. Di penutupan kuliah, Hutami menekankan sebuah pesan penting bahwa masalah gender bukanlah menjadi masalah, tidak ada penghalang bagi seorang wanita untuk berkarir sebagai engineer di dunia heavy lifting and marine operation dengan sukses. [@RDR, eRWePe-DTK-2019].

Pemberian cinderamata oleh dosen muda DTK Raditya Danu Riyanto, ST, MT. kepada nara sumber Kuliah Tamu Hutami Widya Arini, ST.

Latest News

  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021
  • Webinar Kewirausahaan “Be A Young Entrepreneur”

    DTK NEWS – Webinar Kewirausahaan dengan tema “Be A Young Entrepreneur” diselenggarakan oleh Tim Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan

    10 Jun 2021