News

Webinar#34 Memahami Geologi Kegempaan Megathrust Dan Sesar Aktif

Sel, 16 Mar 2021
3:19 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Wilayah Jawa sampai Flores adalah wilayah dengan kegempaan yang tinggi. Gempa di darat dan laut, beberapa di antaranya disertai tsunami telah terjadi melanda wilayah ini. Sebagai wilayah yang padat penduduknya, maka mitigasi kegempaan dan tsunami menjadi penting untuk terus dilakukan dan ditingkatkan.

Karena posisi geologi dan tektoniknya, wilayah Jawa sampai Flores mempunyai karakter kegempaan yang berbeda-beda. Ada gempa yang berhubungan dengan subduksi lempeng/megathrust di selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara, gempa yang mengaktifkan sesar-sesar lama di tengah lempeng/intraplate Jawa Timur, gempa yang berhubungan dengan menyusupnya kerak transisi tepi Sundaland dan kerak samudra Banda ke bawah busur volkanik/back-arc thrust Bali-Lombok-Sumbawa-Flores.

Hasil kajian PUSGEN 2017 Provinsi Jawa Timur dileeati banyak sesar, seperti Sesar Wonorejo di Kabupaten Banyuwangi, Sesar Probolinggo di Kabupaten Probolinggo, dan Sesar Pasuruan di Kabupaten Pasuruan. Kota Surabaya dilewati 2 sesar, yaitu Sesar Surabaya dan Sesar Waru. Sesar Waru memanjang lewat Gresik, Mojokerto, Jombang Nganjuk dan Saradan.

ITS berinisiatip meneliti terkait sesar yang melewati Kota Surabaya dengan pendekatan geofisika dan geoteknik. Hasilnya bidang sumber gempa (bidang sesar) terlihat mamanjang ke arah barat sampai 64 km, kedalaman 0-11 km dan kemiringan 54°.

Memahami geologi dan tektonik variasi asal kegempaan ini dapat meningkatkan kualitas upaya mitigasi agar potensi korban bencana gempa-tsunami di wilayah ini dapat dikurangi.

Sehubungan dengan itu, Teknik Geofisika ITS bekerjasama dengan HAGI Komwil Surabaya menyelenggarakan sebuah webinar bersama Narasumber:

  • Awang Harun Satyana (Memahami Geologi Kegempaan Megathrust Jawa-Nusa Tenggara, Intraplate Jawa Timur, dan BackArc Thrust Bali sampai Flores)

  • Dr (Cand) Firman Syaifuddin, M.T. (Potensi dan Ancaman Gempa di Kota Surabaya)

dan sebagai Moderator:

  • M. Haris Miftakhul Fajar, M.Eng (Dosen Teknik Geofisika ITS)

Pelaksanaan webinar ini akan digelar pada:

 

Materi narasumber akan dishare di akhir acara dalam link berikut ini:

  1. Memahami Geologi Kegempaan Megathrust Jawa-Nusa Tenggara, Intraplate Jawa Timur, dan BackArc Thrust Bali sampai Flores
  2. Potensi dan Ancaman Gempa di Kota Surabaya

 

Webinar bersifat terbuka untuk umum, dan wajib untuk mahasiswa Teknik Geofisika ITS peserta MK Geodinamika, Geofisika lingkungan dan Endapan Mineral

Silakan bergabung dan dapatkan e-sertifikatnya!

 

#Geophysical Engineering ITS

#Teknik Geofisika ITS

#Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian ITS

#Faculty of Civil, Planning and Geo Engineering ITS

#Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Latest News

  • Guest Lecture “The role of mining seismologist in block caving underground operation: Case Study of PIT-UG transition” oleh Septian Prahastudhi, S.Si.

    Teknik Geofisika ITS akan menggelar Guest Lecture dengan topik “The Role of Mining Seismologist in Block Caving Underground Operation:

    23 Sep 2021
  • Gandeng Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo, Teknik Geofisika ITS Selenggarakan Riset Dalam Bentuk Kuliah Terpadu

    Gunung lumpur Sidoarjo atau populer dengan istilah “Lumpur Sidoarjo”, atau disingkat dengan “LUSI” merupakan salah satu manifestasi gunung lumpur

    22 Sep 2021
  • Webinar “Implementasi Digital Transformation di BUMN” oleh PT Elnusa Tbk

    Teknik Geofisika ITS bekerjasama dengan PT Elnusa Tbk mempersembahkan Webinar “Implementasi Digital Transformation di BUMN”, dengan narasumber: Yogi Faratodi

    22 Sep 2021