News

Webinar #41: Dimana Letak Pelabuhan Hujung Galuh ?

Jum, 18 Jun 2021
2:24 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Keberadaan lokasi pelabuhan Hujung Galuh sangat penting bagi Kota Surabaya. Selama ini keberadaan telah menjadi perdebatan panjang saat terjadi waktu pembahasan penetapan perubahan Hari Jadi Kota Surabaya pada tahun 1975. Banyak ahli yang mengusulkan antara lain Prof.Dr.N.J.Krom, Prof Dr. Suwoyo Woyowasito yang berpendapat kata Jung Ya Lu dan Suyalu yang diyakini bahwa Junggaluh atau Hujunggaluh atau Ujunggaluh. Hal pasti Ujung Galuh ada di Kali Brantas.

Berdasarkan salah seorang panglima tentara Tartar bernama Shihpi, awalnya mendarat di Tuban kemudian setelah tiba di Su ya lu, yang terdapat di pantai dan muara Kali Brantas. Shihpi memerintahkan tiga pejabat tinggi dengan naik perahu cepat ke jembatan terapung Majapahit (the floating bridge of Majapahit) menuju ke pusat kerajaan Majapahit di Trowulan, Mojokerto.

Fakta penting lainnya dari sumber Prasasti Kelagen (1037 AD) dan dari buku Chu-fan-Chi-kua (1220 AD). Fakta lain yang memperkuat dari kidung Harsa Wijaya yang selengkapnya berbunyi sebagai berikut: “Mangke wus wonten Jung Galuh sampun akukuto lor ikang Tegal Bobot Sekar sampun cirno linurah punang deca tepi siring ing Canggu”. Artinya: “Sekarang (tentara Tartar) sudah ada di Jung Galuh dan sudah membuat benteng sebelah utara Tegal Bobot Sekar (sari) dan para lurah desa di wilayah Canggu sudah musnah. (www.goodnewsfromindonesia.id).

Ada hal penting dan faktual yang juga harus diperhatikan adalah *isi Prasasti Kamalagyan
Baris ke 12*

“… nikan dawuhan de cri maharaja, subaddhapagen huwus pepet hilinikan banu ikan banawan amatla hilinyanalor, kapwa ta sukha manahikan maparahu samanhulu manalap bhanda ri hujun galuh ika”
Artinya
“.. Selesailah sudah pembuatan bendungan oleh raja, kukuh kuat sehingga terbendunglah aliran sungai, dan kini aliran Sungai Brantas dipecah menjadi tiga ke arah utara. Bersukacitalah mereka yang berperahu ke arah hulu, mengambil dagangan di Hujung Galuh, termasuk para pedangang dan nahkoda dari pulau-pulau lain yang berkumpul di Hujung Galuh ”

Fakta ini menunjukkan Hujung Galuh ada di hulu bendungan Waringinsapta. Lokasi bendungan Waringinsapta sangat penting dicari.
Mau tahu lebih banyak? Departemen Teknik Geofisika ITS bersama Pusat Kajian Peradaban Majapahit ITS mempersembahkan Webinar #41:

“Dimana Letak Pelabuhan Hujung Galuh ?”

bersama narasumber:

  • Drs. Sumarno, M.Hum. (Dosen Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial & Hukum UNESA)
  • Nanang Purwono, S.Pd (Koordinator Forum Begandring Soerabaia)

sebagai penanggap:

  • Goenawan Sambodo, SS, M.T (Arkeolog Independen)

  • Drs. Wicaksono Dwi Nugroho (Arkeolog BPCB Jatim)

  • dr. Sudi Harjanto (Pengamat Sejarah)

dan bertindak sebagai moderator:

  • Dr. Amien Widodo (Teknik Geofisika ITS)

Acara virtual ini akan diselenggarakan pada:

Materi narasumber dapat diakses melalui link dibawah ini seusai acara:

 

 

#GeophysicalEngineeringITS

#TeknikGeofisikaITS

#FakultasTeknikSipilPerencanaanDanKebumianITS

#FacultyofCivil,PlanningAndGeoEngineeringITS

#InstitutTeknologiSepuluhNopember

 

Latest News

  • Menjadi Host Commtech Exploration 2022, Teknik Geofisika ITS Ajak Mahasiswa Soka University Pelajari Manajemen Kebencanaan Geologi di Indonesia

    Teknik Geofisika ITS kembali kedatangan tamu asing untuk berbagi seputar keilmuan kebencanaan. “Disaster Management” menjadi topik yang diangkat dalam

    15 Agu 2022
  • Webinar Geologi dan Tektonik Teluk Tomini dan Implikasinya terhadap Kebencanaan Geologi

    Teluk Tomini atau dikenal juga sebagai Cekungan Gorontalo, Sulawesi merupakan teluk yang dalam dan terluas di Indonesia. Tidak banyak

    11 Agu 2022
  • Support ITS Goes To TOP 500 World Class University, Teknik Geofisika ITS Himpun Dukungan Alumni

    Di tahun ini, Rektor ITS memasang target untuk ITS menjadi Top 500 dalam ranking World Class University (WCU). Teknik

    07 Agu 2022