News

[Seminar Online] Departemen Teknik Geofisika ITS Untuk Masyarakat: “Pencemaran Air Tanah di Kawasan Pantai”

Rab, 26 Agu 2020
11:22 am
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

PENCEMARAN AIR TANAH DI KAWASAN PANTAI

Air tanah merupakan air yang tersimpan di dalam lapisan tanah yang jenuh air atau sering dikenal dengan akifer. Lapisan akifer ini ada yang tertekan yang akan menghasilkan sumur artesis, ada yang tidak tertekan dikenal dengan akifer bebas atau akifer dangkal dikenal dan dipakai oleh masyarakat umumnya sebagai air sumur.

Secara alamiah, oleh karena kondisinya tersimpan di dalam lapisan tanah, maka kualitas air tanah umumnya lebih baik bila dibandingkan dengan air permukaan. Kualitas dan kuantitas air tanah sangat tergantung pada kawasan resapan air dan kualitasi air permukaan di sekitarnya. Kuantitas air tanah bisa menurun secara musiman, saat kemarau kuantitasnya turun. Pemompaan berlebihan juga bisa menurunkan kuantitas air tanahnya.

Air tanah di kawasan pantai lebih terbatas secara alami bila dibandingkan air tanah di tengah daratan. Kualitas air tanah di kawasan pantai yang dipengaruhi air laut, baik karena intrusi air laut maupun resapan air sungai karena adanya intrusi air laut saat laut pasang. Umumnya saat musim kemarau kualitas air tanah semakin jelek. Kebijakan pemerintah untuk pengembangan industri perikanan di kawasan pantai dengan pengembangan tambak dengan mengambil air laut yang dimasukkan tambak.

Kualitas air tanah bisa menurun karena perilaku masyarakat membuang limbah sembarangan. Masyarakat ini bisa siapa saja, bisa masyarakat umum, pemerintah mupun pengusaha. Pengetahuan tentang pencemaran air tanah karena intrusi air laut, karena rembesan air permukaan dan pengetahuan lokasi sumber pencemar penting sekali untuk diketahui masyarakat semua sehingga bisa diambil langkah langkah yang diperlukan untuk pencegahannya.

Salah satu misi ITS dan Departemen Teknik Geofisika ITS untuk berkontribusi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat menyelenggarakan Web seminar ke-19 untuk masyarakat umum:

PENCEMARAN AIR TANAH DI KAWASAN PANTAI
Nara Sumber Dosen Teknik Geofisika ITS :
1. Dr. Dwa Desa Warnana – Intrusi Air Laut
2. Haris Miftakhul Fajar, M.Eng – Rembesan Air Permukaan
3. Dr. Amien Widodo – Mencari Penyebab Sumber Pencemaran Air Tanah

Hari/Tgl. : Minggu, 30 Agustus 2020
Pukul : 09.00 – 12.00 WIB
ID ZOOM : https://zoom.us/j/96111326852
Live Streaming Youtube : Teknik Geofisika ITS

Unduh Materi Narasumber disini:

  1. Dr. Amien Widodo – Mencari Penyebab Sumber Pencemaran Air Tanah
  2. Dr. Dwa Desa Warnana – Intrusi Air Laut
  3. Haris Miftakhul Fajar, M.Eng – Rembesan Air Permukaan

 

#Geophysical Engineering ITS

#Teknik Geofisika ITS

#Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian ITS

#Faculty of Civil, Planning and Geo Engineering ITS

#Institut Teknologi Sepuluh Nopember

 

Latest News

  • Surat Edaran Rektor ITS: Perpanjangan Pembatasan Kegiatan di Kampus Hingga 25 Juli 2021

    Rektor ITS telah mengeluarkan edaran mengenai perpanjangan pembatasan kegiatan offline di kampus yang semulai sampai 20 Juli 2021, diperpanjang

    21 Jul 2021
  • Program KMMI 2021, Teknik Geofisika ITS Membuka 2 Short Course Petrophysics Training dan Mitigasi Bencana Geologi

    Kemdikbudristek telah mengeluarkan Program KMMI (Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia) yang merupakan salah satu program Kampus Merdeka, dimana pembelajaran bentuk

    21 Jul 2021
  • Webinar Tantangan dan Peluang Industri Wisata Saat Pandemi

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pandemi Covid-19 merupakan krisis terberat yang dihadapi sektor pariwisata

    21 Jul 2021