News

‘NGOBRAS’ Ngobrol Santai : Kawasan Rawan Longsor dan Banjir Bandang di Jawa Timur

Rab, 26 Okt 2022
4:17 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

BMKG Juanda mengeluarkan imbauan soal potensi cuaca ekstrem seminggu ke depan di Jawa Timur. Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur mengimbau warganya terutama yang tinggal di sekitar lokasi rawan bencana, untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang diprediksi berlangsung hingga Januari 2023. Kesiapsiagaan wajib ditingkatkan, seperti lingkungan yang rawan longsor harus dipetakan dan diantisipasi, serta mitigasi hingga skenario evakuasi juga dipersiapkan.

BPBD Jatim telah memetakan 14 potensi bencana, diantaranya 13 bencana alam dan satu bencana non alam. Ke-13 bencana alam yang berpotensi terjadi di Jatim yakni banjir, banjir bandang, cuaca ekstrem, gelombang ekstrem-abrasi, gempa bumi, kebakaran hutan-lahan, kekeringan, letusan gunung api, tanah longsor, tsunami, kegagalan teknologi, epidemi-wabah penyakit, dan likuifaksi. Daerah-daerah yang berpotensi banjir bandang dan tanah longsor menurut BPBD Jatim yakni Bojonegoro, Jombang, Mojokerto, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Nganjuk, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek. Kemudian Tulungagung, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Sampang, Bangkalan, Gresik, Lamongan.

Data tahun 2021 YANG DICATAT bpbd Jatim ada sebanyak 166 kasus banjir di Jatim. Kemudian 62 kasus angin kencang, 12 banjir bandang, 30 tanah longsor, 19 angin puting beliung, 6 gempa bumi, dan 14 kasus lainnya . BPBD Jatim telah mengirimkan surat edaran kepada bupati/wali kota terkait potensi cuaca ekstrem di Jatim. Agar setiap kabupaten/kota mengaktifkan satgas penanggulangan bencana.
Kenapa Jawa Tumur rawan longsor dan banjir bandang? Tanda tanda di lapangan seperti apa? Apa yang harus dilakukan masyarakat agar bencana tidak terjadi dan atau risiko bencana bis dikurangi?.

Teknik Geofisika ITS bersama BPBD Jatim menyeenggarakan NGOBRAS-Ngobrol Santai: “Kawasan Rawan Longsor dan Banjir Bandang”, yang akan mengundang narasumber :

  • Mukhtarodin Widodo, S.T. (Analis Mitigasi Bencana BPBD Jatim)

Sebagai moderator:

  • Dr. Amien Widodo (Dosen Teknik Geofisika ITS)

Acara ini akan diselenggarakan pada:

Materi narasumber dapat diakses melalui:

 

Latest News

  • Kuliah Tamu “Advanced Seismic Analysis Introduction To AVO Method”

    Teknik Geofisika ITS menyelenggarakan kuliah tamu “Advanced Seismic Analysis Introduction To AVO Method” bersama narasumber: Paulus Tangke Allo (Consulting

    04 Apr 2024
  • WASPADA TANGGUL JEBOL

    Hujan masih akan terus berlangsung dan akan maksimum bulan Februari-Maret 2024 untuk itu kepada semua masyarakat yang bermukim atau

    20 Mar 2024
  • Ir. M. Haris Miftakhul Fajar, M.Eng Diundang Sebagai Narasumber oleh Dinas ESDM Jawa Timur

            Post Views: 41

    19 Mar 2024