News

Gempa Mojokerto, Dr. Amien Widodo: Pentingnya Beradaptasi dengan Gempa Darat

Rab, 21 Jun 2023
6:55 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

BMKG mengumumkan bahwa pada hari Senin, 19 Juni 2023 pukul 20:44:01 WIB terjadi gempa di wilayah Mojokerto, Jawa Timur. Gempabumi tersebut memiliki parameter dengan magnitudo M=4.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.49 LS dan 112.54 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km timur Laut Kab. Mojokerto, Jawa Timur pada kedalaman 9 km.

Jenis Gempabumi jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif dengan mekanisme geser (strike-slip). Guncangan gempabumi ini dirasakan Mojokerto III – IV MMI dan juga dirasakan di, Pasuruan, Surabaya, Sidoarjo Lamongan, Gresik dengan intesitas MMI lebih rendah. Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut dan belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Gempa akibat sesar aktif ini bukan yang pertama tapi ini sudah terjadi berulang ulang sejak 1800 baik terjadi di Mojokerto, Jombang, Tuban, Gresik, Bangkalan, Sidoarjo maupun di Surabaya. Bahkan ada yang tercatat di prasasti.

Belajar dari gempa dangkal Cianjur 2022 menunjukkan bahwa gempa darat karena pergeseran kerak dangkal di Cianjur dengan M5.6 telah menyebabkan banyak korban dan kerusakan. Tercatat korban meninggal lebih dsri 300 orang dan rumah rusak lebih dari 17.000 unit. Gempa juga memicu banyak lokasi longsor ikut memperparah kerusakan dan jumlah korban.

Ternyatata GEMPA tidak membunuh tapi BANGUNAN roboh bisa, tanah longsor bisa. Waktunya Pemerintah daerah yang dilewati sesar aktif berpotensi gempa darat untuk melakukan asesmen kondisi bangunanan, asesmen kondisi tanah dan asesmen lereng. Demikian pula Kota Surabaya disarankan melakukan pemetaan daerah yang berisiko bencana gempa akibat sesar aktif tersebut.

 

Latest News

  • Webinar INISIASI MAJAPAHITOLOGI

    Majapahitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sejarah, bahasa, literatur, agama, arsitektur, seni dan teknologi dari pra Majapahit sampai berakhirnya

    11 Jun 2024
  • Kuliah Tamu “Ancaman Arus Rip di Indonesia dan Mitigasinya” bersama Dr. Ir. Wahyudi, M.Sc

    Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, masyarakat Indonesia paling menyukai destinasi wisata pantai dan laut pada akhir tahun. Persentasenya mencapai

    11 Jun 2024
  • SELAMAT ATAS PEROLEHAN AKREDITASI SINTA 2 OLEH JURNAL GEOSAINTEK

    Alhamdulillah telah menjalani akreditasi nasional dan sukses mendapatkan predikat tertinggi, SINTA 2. Semoga menjadi jurnal yang semakin menginspirasi para

    01 Jun 2024