News

Bahas Ancaman Gempa Susulan di Jatim, Universitas Negeri Malang Undang Dr Amien Widodo sebagai Narasumber Webinar

Sel, 27 Apr 2021
4:39 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Tentang Gempa Malang Selatan

Gempa M6,1 di Malang Selatan yang membuat 10 orang meninggal dunia dan ratusan luka luka serta menimbulkan banyak kerusakan banguna, ternyata bukan gempa yang pertama tapi sudah berulang ulang.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Karangkates Malang, Musripan mengungkapkan sejumlah peristiwa yang pernah terjadi.

Gempa bumi berskala 6,7 SR terjadi pada 20 November 1958. Gempa dirasakan hingga VIII MMI. Perlu diketahui, skala intensitas VIII MMI menimbulkan kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kuat.

Berikutnya, peristiwa gempa berkekuatan 6,2 SR terjadi pada 19 Februari 1967. Kejadian ini menyebabkan 1.900 rumah rusak. Kondisi terparah terjadi di Kecamatan Dampit. Kekuatan gempa ini dirasakan hingga Banyumas, Jawa Tengah.

Gempa yang menimbulkan korban jiwa cukup banyak terjadi di jalur selatan, tepatnya di Blitar dan Trenggalek. Kejadiannya berlangsung pada 4 Oktober 1972. Kekuatan gempa 6 SR menimbulkan korban jiwa meninggal mencapai 250 orang.

Gempa yang juga dirasakan Kabupaten Malang

3/6/1994
Gempa terjadi di Banyuwangi dengan kekuatan gempa mencapai 7 skala Richter dan skala intensitas gempa VIII MMI. Akibat gempa menimbulkan bencana di Rajegwesi, Gerangan, Lampon, Pancer, Pulau Sempu, Grajagan, Pulau Merah, Teluk Hijau, Sukamade, Watu Ulo, Teluk Sipelori dan Teluk Tambakan. Efek tsunami mencapai pantai Banyuwangi, Jember, Malang, Blitar, Tulung Agung, Trenggalek & Pacitan.

Masih pengin tahu lebih lanjut? Silahkan gabung dalam webinar yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang, bersama narasumber:

  • Dr. Amien Widodo (Teknik Geofisika ITS)
  • Dr. Ir. Heru Tjahjono, M.M. (Kepala BPBD Jatim)
  • Catur Sudharmanto (Community Based Disaster Risk Education)

sebagai moderator:

  • Heni Masruroh, S.Pd, M.Sc. (Dosen Geografi Universitas Negeri Malang)

Webinar ini dapat diikuti pada

 

#GeophysicalEngineeringITS

#TeknikGeofisikaITS

#FakultasTeknikSipilPerencanaandanKebumianITS

#FacultyofCivilPlanningandGeoEngineeringITS

#InstitutTeknologiSepuluhNopember

Latest News

  • WEBINAR “Ketika Letusan Gunung Api Mengubur Peradaban Purba”

    Pusat Kajian Peradaban Majapahit ITS, Kageogama, dan Dongeng Geologi mempersembahkan: WEBINAR “Ketika Letusan Gunung Api Mengubur Peradaban Purba”¬† mengundang

    24 Jan 2023
  • Teknik Geofisika ITS Gelar Pelatihan Untuk Dosen dan Tendik

    Teknik Geofisika ITS menyelenggarakan pelatihan yang mengundang segenap Dosen dan Tendik dengan tema: “Mind Heart Management Training for Happiness

    24 Jan 2023
  • Dr. Maman Hermana, Profesor Ajun Teknik Geofisika ITS dari Universiti Teknologi Petronas Malaysia

    Teknik Geofisika ITS mengucapkan selamat kepada Petroleum Geosciences, Universiti Teknologi Petronas, atas pengukuhan Dr. Maman Hermana sebagai Adjunct Professor

    19 Jan 2023