Program Sarjana Teknik Geofisika

Program Sarjana Teknik Geofisika ITS

Teknik Geofisika adalah bagian dari ilmu kebumian yang menerapkan/ memanfaatkan prinsip-prinsip Fisika, Matematika, dan Geologi, serta didukung perangkat instrumentasi dan komputasi untuk mengkaji fenomena dan permasalahan yang berhubungan dengan bumi padat (solid earth). Bidang kajian/Teknologi yang digunakan di Teknik Geofisika antara lain: Seismologi, Geodinamika, Seismik Eksplorasi, Gravitasi, Geomagnetisme, Geo-elektromagnetisme dan eksplorasi sumber daya bumi (migas, mineral, geotermal, air-tanah dll.), mitigasi bencana kebumian, geoteknik dan lingkungan melalui pendekatan yang bersifat kerekayasaan untuk meningkatkan kualitas hidup umat manusia.

Target utama program studi ini adalah mencetak seorang Geophysicist dengan yang kompeten dalam memprediksi sifat fisis di bawah pemukaan bumi yang berhubungan dengan hazard, sumber daya, monitoring; merekonstruksi /imaging struktur bumi, dan memprediksi proses yang terjadi.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Silabus

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, Prodi Sarjana dirancang untuk dapat diselesaikan dalam 8 semester (4 tahun) dengan total beban 144 sks (satuan kredit semester). Masa studi (selama 8 semester) ini terbagi dalam 2 tahap yaitu TAHAP PERSIAPAN dan TAHAP SARJANA. Tahap persiapan mencakup semester 1 dan 2 dengan total beban 36 sks, sedangkan tahap sarjana mencakup semester 3 – 8 dengan total beban 108 sks.

Program Internasional

Program Sarjana Internasional (juga dikenal sebagai IUP) adalah program sarjana yang menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. IUP diperuntukkan bagi lulusan SMA berkebangsaan Indonesia dan non-Indonesia yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh ITS. Program ini menawarkan kurikulum sarjana reguler dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengambil bagian dalam kegiatan pembelajaran internasional, dalam satu atau lebih kegiatan berikut:

  1. Magang di perusahaan internasional maupun multinasional
  2. Pertukaran pelajar dengan universitas luar negeri
  3. Program short course di universitas luar negeri
  4. Joint Degree