Organisasi Mahasiswa

Organisasi Mahasiswa

Di ITS, mahasiswa tidak hanya dibimbing untuk menjadi akademisi, namun juga didorong untuk menjadi masyarakat yang memiliki nilai lebih dengan soft skill-nya. Misalnya kemampuan leadership, manajemen diri, manajemen acara hingga kemampuan berkomunkasi.

Salah satu ruang terbaik mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya adalah melalui organisasi. Ruang lingkup organisasi mahasiswa pun bervariasi, mulai dari tingkat departemen, fakultas, hingga Institut. Ormawa yang ruang lingkupnya departemen disebut Himpunan Mahasiswa (Hima) sedangkan yang ruang lingkupnya satu fakultas diantaranya Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPM-F).

Adapun organisasi mahasiswa dengan ruang lingkup satu institut diantaranya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) ITS, dan Mahkamah Mahasiswa.

Badan Eksekutif Mahasiswa ITS

Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan organisasi mahasiswa ITS yang menaungi berbagai kegiatan serta turut mengatur sistem mahasiswa dalam lingkup ITS. BEM ITS juga menampung suara dan ide dari BEM Fakultas serta Himpunan Mahasiswa (HIMA). Dalam organisasi ini, mahasiswa tidak hanya belajar untuk bekerja dalam tim namun juga mengasah kemampuan komunikasi, manajemen diri, mengadakan event dan mengasah kepekaan terhadap situasi dan kondisi negara baik di bidang politik, ekonomi, sains dan teknologi hingga hukum.

Selengkapnya

Dewan Perwakilan Mahasiswa ITS

Dewan Perwakilan Mahasiswa merupakan lembaga legislatif di tingkat Institut yang merepresentasikan mahasiswa. DPM memiliki tugas untuk melakukan kontrol terhadap kinerja BEM ITS, melakukan penjaringan aspirasi, mengesahkan undang-undang, menyelenggarakan Kongres ITS, Musyawarah Mahasiswa ITS, Musyawarah Tingkat Tinggi ITS, dan banyak hal lain.

Selengkapnya

Mahkamah Mahasiswa

Mahkamah Mahasiswa merupakan lembaga yudikatif yang berperan menegakkan peraturan dan undang-undang dalam organisasi ITS secara keseluruhan. MKM melakukan interpretasi terhadap perundang-undangan Konstitusi Mahasiswa ITS berkaitan dengan penafsirannya jika terjadi konflik pemahaman antar lembaga. MKM juga berperan mengadili baik kepada personal ataupun lembaga terhadap penyimpangan perundang-undangan KM ITS.