Sambutan Kepala Departemen

    Butuh Bantuan?

    Silahkan hubungi kami disini

    Imam Arifin, ST., MT.

    Kata Pengantar

    Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

    Pendidikan sebagai lembaga utama dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan merupakan penentu dari kualitas SDM. Sehingga esensi proses pendidikan pada dasarnya bersumber dari masyarakat dan luarannya kembali ke masyarakat. Karena itu, perbaikan kualitas pendidikan harus selalu mengacu pada kebutuhan dan pemecahan masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Pendidikan dikatakan efektif apabila mampu menyiapkan lulusan sesuai kepentingan masyarakat. Jika pada saat ini masyarakat sangat berharap lulusan suatu jenjang pendidikan sudah siap memasuki lapangan kerja maka sudah semestinya perlu penataan dan pengembangan untuk memenuhi kehendak tersebut. Alternatif salah satunya yaitu melalui program pendidikan Vokasi.

    Program pendidikan Vokasi ditujukan pada penyiapan tenaga kerja terampil (keahlian praktikal) yang siap terjun ke dunia kerja secara langsung. Oleh karena itu, di ITS saat ini terdapat salah satu Fakultas di mana pendidikannya berorientasi pada kecakapan kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja yaitu Fakultas Vokasi. Dimana Fakultas Vokasi memberikan pembekalan ilmu praktis yang lebih dibandingkan di fakultas lain di ITS.

    Departemen Teknik Elektro Otomasi (DTEO), merupakan salah satu Departemen dari enam Departemen  yang ada di dalam  Fakultas Vokasi ITS.  Kurikulum 2018 DTEO memberikan lebih dari 60 persen praktek, dan di dalamnya ada mata kuliah Magang di Industri selama kurang lebih enam bulan yang dilaksanakan di semester V.  Mata kuliah ini merupakan penerapan mengenai ilmu yang diperoleh selama di dunia perkuliahan dan untuk memperoleh  tambahan ilmu yang baru guna mengetahui serta menyelesaikan persoalan di dunia industri. Selain itu juga untuk memberikan gambaran dan mendalami tentang lingkungan kerja, yang tidak di dapat di bangku kuliah.

    Semoga dengan tersedianya SDM yang berkualitas, menjadikan Indonesia menjadi Negara yang maju.

    Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

    Kepala Departemen Teknik Elektro Otomasi

    Fakultas Vokasi – ITS

    Imam Arifin, ST., MT.

    NIP.