Sejarah

    Butuh Bantuan?

    Silahkan hubungi kami disini

    Sejarah Departemen

    Sejarah Departemen Teknik Elektro Otomasi tidak lepas dari Sejarah Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT)

    Fakultas tersebut dimulai dari Keputusan Menteri Pendidikan pada tahun 1974 bahwa semua akademi harus dilebur/ berafiliasi dengan Perguruan Tinggi Negeri Setempat. Dengan adanya ketentuan tersebut maka ITS menerima Akademi Teknik Nasional (ATN) yang ada di Surabaya dengan nama Pendidikan Ahli Teknik (PAT) ITS.

    Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No:012/U/1979, Rektor ITS mengeluarkan Surat Keputusan Rektor No.2032/Um.8-ITS/80, tentang Peraturan Akademik yaitu: PAT dirubah menjadi Pendidikan Diploma III, dengan beban studi dari 96 kredit menjadi 110 SKS.

    Pada tahun 1983, keempat jurusan Diploma III dari keempat fakultas di ITS disatukan menjadi: Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT). Sampai tahun ajaran 1989/1990, fakultas ini mempunyai 7 program Diploma III, yaitu:

    1. Jurusan Teknik Sipil

    2. Jurusan Teknik Mesin

    3. Jurusan Teknik Elektro

    4. Jurusan Teknik Perkapalan

    5. Program Studi Teknik Kimia

    6. Politeknik Perkapalan

    7. Politeknik Elektronika dan Telekomunikasi

    Pada tahun 1991, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0312/0/1991 tentang Penutupan dan Pengintegrasian Fakultas Non Gelar Dalam Lingkungan Universitas dan Institut yang ditetapkan pada tanggal 6 Juni 1991, FNGT ITS ditutup. Menindaklanjuti hal tersebut, Diploma III Teknik Elektro diintegrasikan ke dalam Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS. Penyelenggaraan program studi Diploma Teknik Elektro dimulai pada bulan Juli 1991 dengan SK izin operasional No. 2020/D/T/K-N/2010 tertanggal 26 April 2010. Program studi tersebut selanjutnya disebut Diploma Teknik Elektro Komputer Kontrol, yaitu program studi diploma yang merupakan bagian dari Program Studi Sarjana Teknik Elektro ITS di bawah FTI ITS.

    Pada tahun 2017, terjadi restrukturasi fakultas berdasarkan Peraturan Rektor ITS No. 10 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk membentuk Fakultas Vokasi (FV). FV, yang mulai beroperasi pada tanggal 26 Januari 2017, mengkoordinasi dan mengelola semua program studi yang bersifat vokasional di lingkungan ITS, termasuk Teknik Elektro Komputer Kontrol, agar dapat berkembang sesuai dengan ciri khas vokasi. Pada tahun yang sama,

    berdasarkan Kepmenristek No. 257 tahun 2017 Tentang Nama Program Studi pada Perguruan Tinggi, Program Studi Diploma III Teknik Elektro Komputer Kontrol diubah menjadi Program Studi Diploma III Teknologi Otomasi di bawah Departemen Teknik Elektro Otomasi, FV-ITS.

    Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era Revolusi Industri 4.0, terdapat Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Diploma untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Didukung dengan adanya Permenristekdikti No. 54 Tahun 2018 Pasal 7 Ayat 1 yang menyatakan bahwa perguruan tinggi yang menyelenggarakan program Diploma III dapat mengajukan perubahan Diploma III menjadi Diploma IV untuk meningkatkan kompetensi lulusan, pada tahun 2019 diusulkan Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomasi (PSSTr-TRO). PSSTr-TRO secara resmi dibuka menjadi melalui Keputusan Rektor ITS No. 1168/IT2/HK.00.01/2019 tentang Pembukaan Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomasi.