DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
19 Juni 2023, 04:06

ITS Terus Dorong Transformasi Digital untuk Mencerdaskan Indonesia

Oleh : adminstp | | Source : -

Walikota Surabaya Eri Cahyadi (lima dari kanan), Dr Endroyono, DEA (empat dari kanan) foto bersama peserta Seminar Mencerdaskan Kota dan kabupaten untuk Indonesia Cerdas 2023

Surabaya, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus dituntut untuk selalu mendorong dan berperan aktif dalam transformasi digital nasional. Di antaranya dalam program pengembangan smart city nasional.

Tahun 2023 ini, ITS terlibat pada perhelatan Evaluasi Smart City Nasional 2023 yang dilaksanakan atas kerja bersama Kementerian Kominfo, Kota Surabaya dan Performa Optima Group sebagai koordinator sektor industri. ITS terlibat mulai dari penyusunan program, pelaksanaan pameran, dan juga sebagai narasumber pada beberapa sesi pembekalan kepada 534 kota dan kabupaten yang hadir di Ballroom Shangrila Hotel Surabaya, Senin (12/6).

Di sela acara pembukaan, Walikota Surabaya Eri Cahyadi menekankan pentingnya peran ITS dalam program percepatan transformasi digital di Indonesia. Semangat untuk berbagi pakai aplikasi dan infrastruktur akan menjadi kunci dalam rangka mewujudkan sistem yang terintegrasi, tanpa harus membebani daerah dengan keterbatasan anggaran (APBD).

Para Pembicara Seminar Mencerdaskan Kota dan kabupaten untuk Indonesia Cerdas 2023

Ketua Smart-city & Intelligent Center ITS, Dr Ir Endroyono DEA mengatakan, ITS telah menjadi mitra dari banyak kota dan kabupaten di Indonesia untuk pengembangan aplikasi dukung smart city.

Dengan berbagai upaya ini, peran ITS di bidang Transformasi Digital akan semakin besar, termasuk keterlibatan ITS pada pembangunan Ibu Kota Nusantara, yang dirancang sebagai Smart City.

“Dengan kekuatan STP ITS yang didukung fakultas Electics dan juga fakultas Lain, tentu tidak terlalu berat bagi ITS untuk mewujudkan jargonnya Rise to the top, membumi untuk mendunia melalui upaya positif advancing humanity,” pungkasnya.

Ketua Smart-city & Intelligent Center ITS, Dr Ir Endroyono DEA saat meluncurkan bukunya berjudul “Kota Beneran Cerdas”

Di kesempatan yang sama, Endroyono juga meluncurkan buku berjudul Kota (beneran) Cerdas, sebagai sebuah langkah literasi digital untuk mempercepat tercapainya smart nation dengan harapan kegagalan yang seminim mungkin. (HUMAS ITS)

Berita Terkait