Kegiatan IKA

Kegiatan IKASTA-ITS

Ikatan Alumni Statistika merupakan organisasi yang menghimpun dan menyalurkan aspirasi para alumni. Departemen Statistika ITS memberikan kontribusi dalam membantu pengembangan almamater serta memiliki peranan dalam pembangunan generasi Indonesia. Semakin bertambah jumlah alumni semakin bertambah tantangan yang akan hadir di masa mendatang, maka diperlukan konsolidasi di bidang organisasi dan profesionalisme. Pertambahan jumlah alumni juga memuntut adanya penyaluran informasi yang semakin luas, cepat dan sesuai.

Dengan semakin berkembangnya era kehidupan diharapkan adanya peranan dari alumni untuk berkiprah pada bidang yang sesuai dengan profesinya.

Kegiatan kuliah tamu diselenggarakan dengan mengundang alumni yang telah mempunyai pengalaman di bidang pekerjaan tertentu. Selain itu, kuliah tamu juga dikaitkan dengan mata kuliah tertentu, misalnya Kapita Selekta, Offisial Statistika dan lainnya. Namun ada kalanya kuliah tamu juga diberikan untuk materi yang sifatnya memotivasi atau terkait dengan pengembangan softskill atau wawasan kestatistikaan.

Untuk memperdalam teori atau aplikasi teori dalam dunia kerja, mahasiswa jurusan statistika melakukan Kuliah Lapangan. Pada umumnya, kuliah lapangan dilakukan pada perusahaan-perusahaan atau instansi dimana terdapat alumni yang sudah bekerja di perusahaan atau instansi tersebut. Dengan demikian, diharapkan terjadi komunikasi antara jurusan dengan alumni. Pada saat kunjungan kuliah lapangan, biasanya akan diselenggarakan silaturahmi seluruh alumni yang bekerja  dimana kota tersebut dan sekitarnya. Misalnya, kuliah lapangan ke Jakarta, maka biasanya akan diselenggarakan sarasehan atau pertemuan bersama alumni dengan mahasiswa kuliah lapangan dan dosen pengiring.

Kerja Praktek (KP) adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi S-1 Statistika. KP dilakukan pada lembaga/perusahaan/industri/pemerintahan guna mengetahui proses pengumpulan, pengolahan atau analisis data. Pada umumnya, mahasiswa akan melakukan KP di perusahaan dimana alumni bekerja.

Dalam rekruitmen tenaga kerja suatu perusahaan dimana ada alumni yang telah bekerja biasanya alumni menyebarkan informasi tersebut memalui wadah alumni (media sosiala dan web) atau meminta bantuan jurusan untuk memasang pengumuman tentang lowongan pekerjaan. Kadang-kadang alumni hanya menghubungi secara lisan dan meminta data tentang mahasiswa yang mempunyai prestasi cukup bagus.

Alumni yang tergabung dalam IKASTA juga melakukan donasi dengan mengumpulkan sumbangsih dari teman-teman alumni untuk UKT/SPP pada adik-adik kelas 2013 dan 2014  dengan nilai total 6000. Bentuk lain sumbangsi alumni adalah dengan gerakan GNOTA. Bentuk kegiatan pemberian beasiswa di tingkat jurusan melalui Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) yang dikelola oleh dosen Departemen Statistika. Pelaksanaan penjaringan mahasiswa yang diberi beasiswa dilakukan melalui pengumuman dan rekomendasi dari beberapa dosen.

IKASTA-ITS juga berkontribusi pada sumbangan beberapa fasilitas penunjang. Diantaranya peremajaan taman-taman di lingkungan kampus. Selain sumbangsih ide juga ketersediaan bahan-bahan untuk menambah kenyamanan taman-taman belajar di lingkungan Departemen Statistika. Terdapat juga sumbangan berupa barang elektronik untuk menunjang kegiatan perkuliahan seperti TV, Running Text Digital, dll.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?
Hallo, Ada yang bisa kami bantu?