Sambutan Kepala Departemen

Adjie Pamungkas, ST, M.Dev, Plg, PhD

Selamat datang di Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota

Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan salah satu departemen di Fakultas Arsitektur Desain dan Perencanaan ITS yang pertama kali dibuka pada tanggal 30 Agustus 2001 berdasarkan surat nomor 2825/D/T/2001 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota didirikan dengan tujuan untuk menjadi institusi yang berintegritas, berkompetensi tinggi, dan inovatif dalam bidang perencanaan wilayah dan kota secara berkelanjutan dalam rangka mendukung otonomi daerah serta internasionalisasi ITS.

Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota didirikan untuk mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan serta menumbuhkan keunggulan IPTEK di bidang PWK yang berorientasi pada kawasan pesisir dan pembangunan berkelanjutan. Untuk mendukung semua itu, departemen kami memiliki tiga laboratorium antara lain Laboratorium Komputasi dan Analisis Perencanaan Keruangan, Laboratorium Pengembangan Wilayah, Pesisir dan Lingkungan dan Laboratorium Pengembangan dan Perancangan Perkotaan.

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No.1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota terakreditasi dengan peringkat “A”. Hingga saat ini peringkat ini terus dipertahankan dengan banyaknya prestasi dan kerjasama dari berbagai pihak. Saat ini Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota telah menjalin kerjasama dengan berbagai universitas internasional antara lain Saxion University, Monash University, RMIT University, Radboud University, The University of Mexico, Univesiti Utara Malaysia, National Cheng Kung University, National Central University, Dankook University, Toyo University, Massachusetts Institute of Technology, Shibaura Institute of Technology, International Islamic University Malaysia, HZ University of Applied Sciences, University of Santo Tomas. Kerjasama ini dilakukan tidak hanya untuk meningkatkan kapasitas pengajar maupun tenaga pendidik tetapi juga kepada para mahasiswa dengan melaksanakan program pertukaran pelajar dengan universitas partner.

Tidak hanya dengan universitas internasional, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota juga banyak melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan beberapa pemerintah kota dan kabupaten untuk mengatasi permasalahan pembangunan yang sedang dihadapi saat ini.

Mahasiswa Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota juga memiliki banyak prestasi yang diraih, baik dari tingkat lokal, wilayah, nasional maupun internasional. Berikut beberapa Prestasi Mahasiswa PWK ITS :

  • Juara 1 Beregu Kejuaraan Nasional Bridge 2017
  • Delegasi terbaik Conference dan Lomba Proyek tingkat Nasional yang diselenggarakan Universitas Prasetya Mulya pada Mei 2017
  • Juara 2 LKTI Green Base 9th yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor (IPB) Tingkat Nasional pada awal Oktober 2017
  • Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional FESTAGAMA 2018 “HAK ATAS KOTA” HMTPWK UGM, Yogyakarta

Prospek dan peluang kerja di sektor Perencanaan Wilayah dan Kota  masih terbuka luas terutama sebagai lembaga penelitian (URDI, IAP, BAKOSURTANAL, Balitbang Kementerian dsb), lembaga teknis (BAPPENAS, BAPPEPROV, BAPPEDA, BAPPEKO, BPN, PU, Perhubungan, Kehutanan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Lingkungan hidup dsb) maupun lembaga swadaya masyarakat dan swasta (konsultan).