Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
04 Mei 2024, 07:05

Benchmarking International Staff Mobility (ISM) 2024

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Sehubungan dengan adanya kegiatan International Staff Mobility (ISM) 2024 yang diikuti 24 karyawan non akademik dan dosen dari Malaysia, Thailand, Spanyol, Uzbekistan, Vietnam, Australia, dan Filipina pada tanggal 29 April – 3 Mei 2024, yang diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi Global (DKG) ITS , maka mereka mengirimkan 3 peserta pustakawan dari Filipina untuk melakukan benchmarking ke perpustakaan ITS, mereka adalah :

  1. Ms. Ivy Basalan-Mabanto dari Surigao Del Norte State University (SNSU), Philippines
  2. Alona Solis Menil dari Surigao Del Norte State University (SNSU), Philippines
  3. Sonia B. Siago dari Don Mariano Marcos Memorial State University (DMMMSU), Philippines

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 30 Mei 2024 pukul 09 00 – 16.00 WIB dan maksud dari kegiatan  benchmarking ini adalah  ingin mengetahui dan mempelajari mengenai  informasi terkait proses bisnis, program dan implementasi kerja layanan teknis dan non teknis di perpustakaan ITS yang nanti sekiranya dapat diterapkan di perpustakaan tempat mereka bertugas. Dua dari ketiga pustakawan Filipina ini merupakan kepala perpustakaan dengan pengalaman yang cukup mumpuni di bidangnya.

Rombongan tiba di perpustakaan tepat pukul 09.15 WIB dan disambut oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Perpustakaan ITS dalam hal ini mewakili bapak Kepala Perpustakaan Edy Suprayitno yang berhalangan ikut mendampingi  karena ada keperluan dinas.  Kasubag Tata Usaha tidak sendirian namun didampingi oleh  para Supervisor Senior dan Penanggung Jawab bidang layanan Pemustaka dan bidang layanan Pengembangan  dan Pengolahan digital.

Para tamu disambut di ruang Biblioteka lantai 2 yang merupakan ruang sidang/rapat milik perpustakaan ITS.  Acara dimulai dengan sambutan dari ibu Kasubag ibu Tjatwari dengan memperkenalkan semua jajarannya yang ikut mendampingi para tamu. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan diri serta maksud dan tujuan dari kedatangan mereka ke Perpustakaan ITS. Acaranya cukup santai, berdiskusi sambil menikmati kudapan sederhana.

Dalam diskusi yang berlangsung, banyak pertanyaan yang diajukan oleh para pustakawan dari Filipina ini yang semuanya dalam bahasa Inggris, namun tentu saja ada penerjemah dari DKG yaitu Ilham, yang bertugas membantu berkomunikasi apabila mengalami kesulitan. Namun semua pertanyaan dapat dijawab dengan lancar dan cukup memuaskan mereka bertiga. Kemudian setelah melakukan foto bersama dan saling menyerahkan cinderamata, untuk lebih memperjelas dan mendalami apa saja yang sudah didiskusikan, maka acara dilanjutkan dengan library tour ke semua bagian dan layanan yang ada di perpustakaan ITS, mulai dari lantai 1 hingga lantai 5, mulai dari tata kelola pengolahan bahan pustaka sampai dengan fasilitas dan layanan pemustaka. Pada saat library tour ternyata banyak spot-spot menarik bagi pustakawan Filipina yang nantinya akan diterapkan di Perpustakaan mereka, salah satu diantaranya adalah Lesehan corner di setiap lantai yang disediakan bagi mahasiswa untuk lebih rileks dalam belajar dan berdiskusi.

Sebagai acara penutup sebelum mereka pulang, rombongan diajak menikmati wisata makan durian Bawor khas Indonesia di daerah Mulyosari Surabaya yang berbeda dengan durian dari Filipina dan mereka sangat senang dan menikmatinya. Benchmarking ini walaupun cuma sebentar namun sungguh berkesan, ungkap ketiganya.. Bravo Perpustakaan ITS (yag)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?