Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
27 Juni 2022, 10:06

WEBINAR SERIES 3 2022 “Meet the Experts: Research Topic and Prepare for Publication”

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

 

Perpustakaan ITS kali ini dengan bangga mempersembahkan kelanjutan rangkaian dari Webinar series 2022 yakni webinar series 3  “Meet the Experts: Research Topic and Prepare for Publication”. Adapun maksud dan tujuan dari diselenggarakan webinar ini adalah untuk menambah khasanah pengetahuan para sivitas akademika ITS dan masyarakat umum terkait menentukan topik penelitian, topik publikasi, dan persiapan publikasi artikel di jurnal bereputasi yang sesuai kaidah kepenulisan.

Diselenggarakan pada hari Jumat (24/6/22) webinar ini dihadiri lebih kurang 200 partisipan dari berbagai kalangan terutama Sivitas Akademika ITS, Peneliti, Pustakawan dan Masyarakat Pemerhati Perpustakaan.  Menghadirkan 2 (dua) narasumber yang kompeten dalam membagikan ilmu terkait skills dan pengalamannya dalam menentukan topik dan persiapan publikasi artikel di jurnal bereputasi yang sesuai kaidah kepenulisan. Narasumber akan membagikan pula pengalaman mereka saat mengawali debutnya sebagai scholar dan menuangkan temuan-temuan serta gagasan ilmiahnya pada suatu karya tulis. Mereka adalah :  1. Prof. Riyanarto Sarno (Dosen dan Peneliti di Departemen Teknik Informatika, FTEIC, ITS); 2.  Dr. Susan Crosbie (Virtual English Language Fellow (VELF), ITS).

Tepat pukul 14.00 WIB rangkaian acara webinar telah dimulai. Diawali dengan pembukaan oleh MC  Eva Mursidah (Pustakawan ITS) dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Hymne ITS, kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Kepala Perpustakaan, Edy Suprayitno, SS, M.Hum., selanjutnya sambutan   Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto, M.T.) sekaligus membuka acara webinar secara resmi,  “ Untuk bisa membuat suatu publikasi yang baik dan bisa menembus jurnal-bereputasi membutuhkan trik dan cara-cara tertentu, oleh karena itu dibawa para narasumber yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya, para mahasiswa akan mendapatkan banyak manfaat ” demikian ujar profesor yang pernah menempuh pendidikan di Hiroshima University Japan ini. Sesi foto bersama dilakukan setelah Profesor Adi menyampaikan kata-kata sambutannya.

Sesi pertama webinar dengan narasumber Profesor Riyan, acara dipandu oleh Moderator Eva Mursidah (Pustakawan ITS),  dan pada sesi kedua dengan pembicara ibu Susan Crosbie dipandu oleh Moderator Meilisa Ariyanto (Tutor Academic Writing Center/AWC-ITS). Banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta webinar saat sesi diskusi berlangsung hingga akhir acara pada pukul 16.45. Dari kedua pembicara tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa sebetulnya Riset itu merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari, seperti yang disampaikan oleh Profesor Riyan “Riset bukan hanya untuk  dosen atau mahasiswa tapi semua dalam kehidupan kita perlu riset misalnya mau menjual nasi goreng, mie ayam atau apapun itu diperlukan suatu riset atau survey tentang rasa, harga, pesaing/kompetitor dan sebagainya”. Dalam suatu Riset atau Penelitian yang perlu diperhatikan adalah  menentukan topik penelitian dan topik publikasi yang menarik terlebih dahulu kemudian mempersiapkan publikasi tersebut  di  jurnal-jurnal  bereputasi maupun  jurnal-jurnal internasional yang bereputasi. (yag)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?