Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
30 Mei 2022, 15:05

Kunjungan Studi Banding ITK (Institut Teknologi Kalimantan)

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Dalam rangka peningkatan pengembangan mutu layanan dan sebagai upaya percepatan inovasi, UPT Perpustakaan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan datang berkunjung ke Perpustakaan ITS pada tanggal 30 Mei 2022 untuk studi banding. Peserta studi banding sejumlah 2 orang ini terdiri dari Kepala Perpustakaan ITK didampingi 1 pustakawan bernama pak Didik. Mereka tiba di perpustakaan tepat pukul 08.45 WIB dan disambut oleh Kepala Perpustakaan ITS Edy Suprayitno didampingi oleh  jajarannya yaitu kasubag TU dan para Supervisor Senior dan staf bidang layanan Pemustaka dan bidang layanan Pengembangan  dan Pengolahan digital.

Para tamu disambut di ruang Biblioteka lantai 2 yang merupakan ruang sidang/rapat milik perpustakaan ITS.  Acara dimulai dengan sambutan dari Pak Edy Suprayitno dengan memperkenalkan semua jajarannya yang ikut mendampingi para tamu. Kemudian dilanjutkan Sambutan Kepala UPT Perpustakaan ITK Bapak Syamsul Mujahidin, S.Kom, M.Eng. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka untuk study banding ini yaitu Ingin tahu layanan- layanan apa saja yang ada di Perpustakaan ITS ini, apakah sudah terintegrasi dengan ruang baca-ruang baca di fakultas. Disamping itu ingin mengetahui bagaimana bentuk kerjasamanya dalam hal pengadaan buku/e-book, pengadaan jurnal/e-jurnal, sumber dananya diperoleh dari mana saja. “Intinya kami ingin mendapat informasi-informasi terbaru tentang perpustakaan yang nanti bila memungkinkan akan kami terapkan di perpustakaan kami”, demikian pak Didik menambahkan. Mereka juga ingin mengetahui terkait regulasi Tugas Akhir yang closed acces maupun yang open acces.

Pak Edy menyampaikan beberapa hal penting terkait pelayanan perpustakaan ITS  beserta sarana penunjangnya yang mungkin bisa dijadikan bahan masukan bagi ITK.  SPITS dan Repository juga menjadi bahan masukkan karena ITK saat ini sedang mengembangkan digitalisasi koleksi perpustakaan. ITK pun sudah berlangganan SCOPUS yang telah banyak dimanfaatkan oleh Siva ITK disana terutama oleh dosen-dosen.

Dalam diskusi ini banyak pertanyaan yang diajukan oleh pak Syamsul dan pak Didik  dan semua dijawab dengan jelas oleh staf pak Edy yang secara langsung berhubungan dengan tugas mereka masing-masing. Kemudian setelah melakukan foto bersama dan saling menyerahkan cinderamata, untuk lebih memperjelas dan mendalami hasil studi banding, maka terakhir acara dilanjutkan dengan library tour ke semua bagian dan layanan yang ada di perpustakaan ITS untuk melihat dan mempraktekkan langsung apa saja yang sudah disampaikan saat diskusi tadi. (yag)

Berita Terkait