ITS LIBRARY

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
12 April 2021, 15:04

Kunjungan Kerja Virtual Perpustakaan ITS ke Perpustakaan Unej

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Dalam rangka rencana Perpustakaan ITS yang akan melakukan Re Akreditasi Perpustakaan Nasional , maka Kepala Perpustakaan ITS, Bapak Edy Suprayitno beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Unej pada hari Rabu (7/4/21) pukul satu siang. Kunjungan kerja ini dilakukan secara virtual mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Walaupun kunker kali ini dilakukan secara on line namun tidak mengurangi esensi dari kunker tersebut dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait re akreditasi Perpustakaan Nasional. Pada Kunjungan Kerja ini, Kepala Perpustakaan Unej , ibu Ida Widiastuti Beserta staff menyambut rombongan Perpustakaan ITS  dengan baik dan semangat dalam berbagi Ilmu.

Perpustakaan ITS memilih Perpustakaan Unej sebagai tempat acuan Kunker karena pada tahun 2020 lalu Perpustakaan Unej baru saja melakukan reakreditasi Perpusnas dan mendapatkan Akreditasi A dengan  nilai nyaris sempurna yaitu 96,4. Maka dari itu Perpustakaan ITS harus banyak belajar dari Perpustakaan Unej bagaimana Tips dan Tricks sehingga memperoleh nilai yang baik.

Kurang lebih selama dua jam banyak pertanyaan yang diajukan oleh Pak Edy dan staff dan dijawab dengan semangat oleh Ibu Ida dan juga para stafnya. Banyak kiat-kiat yang diberikan oleh Perpustakaan Unej diantaranya harus mempersiapkan komponen-komponen yang diperlukan dan  dipersiapkan untuk akreditasi ini, diantaranya komponen koleksi, sarana-prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengolahan serta terakhir adalah komponen penguat. Menurut ibu Ida bahwa kita sebagai perpustakaan yang akan dinilai harus bisa menampilkan apa saja kelebihan-kelebihan yang dimiliki, memang seperti sombong tapi ini memang yang harus kita sampaikan keunggulan-keunggulan apa saja sehingga asesor akan terkesima dengan apa-apa yang kita punya, dan ini harus disampaikan oleh Kepala Perpustakaan selaku manajemen tertinggi di sebuah perpustakaan

Komponen penguat juga harus ada, apa itu komponen penguat? Keunggulan utama atau kelebihan utama yang ada di sebuah perpustakaan, yang mempunyai nilai jual  dan berbeda dan unik apalagi apabila produk unggulan itu terkait dengan Teknologi, Informasi dan Komunikasi, tentu saja akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi perpustakaan. Ibu Ida pun mengemukakan bahwa tidaklah sulit bagi Perpustakaan ITS dalam melakukan ini semua, karena tentu saja karena ITS adalah kampus Teknologi….(perpustakaan…cinta ITS).

Berita Terkait