Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
03 Desember 2019, 12:12

TIPS and TRIK PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana ITS (HMP-ITS) melalui Perpustakaan ITS  bekerjasama dengan salahsatu publisher jurnal terbesar di dunia Emerald Publishing yang berpusat di Inggris, mengadakan workshop dan pelatihan  yang berjudul “Guide to Getting Published  (GGP) Workshop and Emerald Journal Platform Training” bagi mahasiswa pascasarjana  ITS tentang berbagai hal yang berkaitan dengan program aplikasi baru dari Emerald serta petunjuk bagaimana supaya karya kita diterbitkan di jurnal-jurnal internasional. Kegiatan ini diselenggarakan  pada hari Kamis (28/11/19) bertempat di ruang  Seminar, lantai 2 gedung Perpustakaan pusat ITS.

“ E-journal yang dilanggan ITS harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh sivitas akademika, kita harus bisa memaksimalkan pemanfaatannya bagi kebutuhan akan sumber rujukan ilmiah yang terpercaya dan berkualitas untuk penelitian dan sebagainya, namun demikian tetap harus beretika dalam memanfaatkan jurnal tersebut. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas mengenai penulisan ilmiah dan sebagainya, pustakawan kami bisa membantu,” Ujar Edy Suprayitno, SS.M.Hum selaku Kepala Perpustakaan ITS pada sambutannya diawal acara.

Selanjutnya diberikan pelatihan E-Resource dan Mendeley bagi para mahasiswa pascasarjana tersebut, untuk mengenalkan jurnal-jurnal apa saja yang dilanggan oleh ITS, cara menelusur dan cara mengutip suatu artikel melalui Pelatihan Mendeley. Pelatihan ini dilakukan oleh pustakawan ITS yang mumpuni yaitu Reini Ariani dan Astutik Nur Qomariah.

Sebagai keynote speaker didatangkan dari Emerald sendiri yaitu  Bapak Irwan Sukardi selaku Manager wilayah Asia Tenggara. “Acara ini bertujuan untuk memberikan Tips and Trik bagaimana supaya Tugas Akhir para Mahasiswa S2 dan S3 ini bisa  terpublikasi ke jurnal internasional yang berbobot bukan terjebak pada predator jurnal abal-abal. Orang Indonesia  banyak memiliki kemampuan menulis jurnal namun kelemahannya mereka tidak tahu harus masuk ke jurnal mana.” Demikian ujar Irwan Sukardi

“Pelatihan seperti ini sangat baik dan bermanfaat buat saya dan teman-teman, kami jadi tahu bagaimana  tulisan yang baik yang bisa masuk ke jurnal Internasional, apalagi saya sebagai mahasiswa S3 yang mau tugas akhir. Saran saya buat perpustakaan bukan hanya memberikan pelatihan Mendeley saja namun kami juga ingin pelatihan EndNote yang menurut dosen-dosen  dari Malaysia lebih bagus dan mudah serta menyediakan artikel jurnal-jurnal internasional dengan Q tinggi” ujar salahsatu peserta mahasiswa S3 Kimia ITS, Hellna Tehubijuluw.

Pada umumnya harapan para peserta pelatihan adalah dengan terselenggaranya acara seperti ini akan lebih banyak akademisi dari ITS yang publikasinya dimuat di jurnal-jurnal internasional sesesuai dengan tujuan serta visi misi ITS menjadikan ITS sebagai  perguruan tinggi riset berkelas internasional.(yag/nrl)

Berita Terkait

  • Workshop Penulisan Buku Ajar

    Workshop Penuliasan Buku Ajar Hari / Tanggal : Jumat, 20 januari 2023 Pukul : 08.00 s.d 16.40 Wib Tempat

    03 Desember 2019, 12:12
  • Literasi Informasi Daring Januari 2023

    Halo Siva ITS! Perpustakaan ITS menyelenggarakan program literasi informasi daring Januari 2023 untuk mendukung kegiatan akademik bagi Sivitas Akademika

    03 Desember 2019, 12:12
  • Jam Buka Baru Perpustakaan ITS

    Halo Siva ITS Mulai Bulan September 2022 ini Perpustakaan ITS Memiliki Jadwal jam Buka Yang Baru: Senin-Kamis : 07.30

    03 Desember 2019, 12:12
  • Selamat Tahun Baru 2023

    Akhir tahun bukanlah akhir atau awal tapi terus berjalan, dengan semua kebijaksanaan yang dapat ditanamkan oleh pengalaman dalam diri

    03 Desember 2019, 12:12
Send Message
Hello,
You Need Help?