News

Diskusi Pengumpulan Data dan Informasi Perencanaan Kampung Eduwisata Hidroponik

Kam, 21 Jan 2021
5:08 pm
Share :
Oleh : dotalfianprast   |

Pada hari Rabu 20 Januari 2021 Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS mengadakan diskusi pengumpulan data dan informasi mengenai Kampung Hidroponik di Kelurahan Simomulyo Kota Surabaya. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Pendampingan Program Kampung Binaan Pelindo III di Kampung Hidroponik. Diskusi dan pengumpulan informasi ini sebagai bahan untuk mendesain dan menata RT 08 RW 7 Kelurahan Simomulyo sebagai Kampung Eduwisata Hidroponik. Diskusi ini menyelaraskan keinginan warga dengan visi misi menjadikan Kampung Hidroponik sebagai Eduwisata Hidroponik. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Puska PDPM Dr. Sutikno, tim ITS Sugiharto dan Galih Alco Pranata, fasilitator perencanaan Lydia Angela, Ketua Kampung Hidroponik Nuki Nugraha dan kelompok tani hidroponik RT 08 RW 07.

Lydia Angela berdiskudi dan menggali informasi kepada warga Kampung Hidroponik Kelurahan Simomulyo

Bu Lilik warga RT 08 RW 7 Kelurahan Simomulyo merupakan salah satu penggiat Kampung Hidroponik. Bu Lilik menyampaikan kegiatan-kegiatan yang selama ini dilaksanakan di Kampung Hidroponik. Diantaranya kegiatan belajar hidroponik di Taman Baca, bank sampah, kue olahan hidroponik dan penghijauan kampung. Bu Lilik berharap ke depannya Kampung RT 08 RW 07 Kelurahan Simomulyo bisa seperti Kampung Warna Warni di Malang. Pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke Kampung Hidroponik bisa mendapatkan souvernir, bisa belajar bertanam hidroponik, bisa keliling foto-foto,  kuliner dan pulangnya membawa oleh-oleh khas Kampung Hidroponik. Semua warga terlibat. Sehingga meningkatkan ekonomi dan sosial warga RT 08 RW 07 Kelurahan Simomulyo.

Peserta diskusi dan pengumpulan informasi Kampung Hidroponik.
Kika: Ketua Kampung Hidroponik Nuki Nugraha, Kepala Puska PDPM Dr. Sutikna, Tim ITS Galih Alco Pranata dan Fasilitator perencanaan Lydia Angela.

Lydia Angela, fasilitator perencanaan desain Kampung Hidroponik,  menyampaikan tugasnya adalah  mengumpulkan semua informasi terkait Kampung Hidroponik Kelurahan Simomulyo. Kami membantu Ibu Bapak Warga Kampung Hidroponik untuk mengeluarkan keinginan-keinginan warga terkait Kampung Hidroponik. Hasil diskusi dan informasi ini akan diolah oleh tim ITS untuk mendesain RT 08 RW 07 Kelurahan Simomulyo sebagai Kampung Eduwisata Hidroponik.

Lilik (tengah) menyampaikan kegiatan yang ada di Kampung RT 08 RW 07 Kelurahan Simomulyo Kota Surabaya.

Latest News

  • Diskusi SBU Kabupaten Blitar

    Diskusi Penyusunan SBU Kabupaten Blitar   Surabaya-ITS. Kamis 25 April 2024 Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM)

    25 Apr 2024
  • Diskusi Pembentukan KEK Kabupaten Tuban

    Diskusi Pembentukan KEK Kabupaten Tuban   Tuban-ITS. Rabu 24 April 2024 Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat

    25 Apr 2024
  • FGD Penanganan Banjir Hulu-Hilir Kabupaten Tuban

    FGD Penanganan Banjir Hulu-Hilir di Daerah Irigasi Kabupaten Tuban   Tuban-ITS. Rabu 24 April 2024 Tim Pusat Kajian Potensi

    25 Apr 2024
Home >