ITS News

Selasa, 14 Mei 2024
25 November 2023, 10:11

Perkuat Kerjasama Internasional, ITS Bertandang ke Kampus Ternama Jepang

Oleh : itsash | | Source : ITS Online
Gambar keadaan rapat profesor ITS dengan Okayama Univeristy Japan

Suasana rapat kerjasama antara profesor ITS dengan para pimpinan Okayama University Japan di Gedung Pusat Universitas Okayama

Kampus ITS, ITS News – Dalam upaya memperkuat kerjasama internasional dengan perguruan tinggi luar negeri di seluruh dunia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bertandang ke dua kampus ternama di Jepang. Keduanya ialah Tottori University dan Okayama University  yang akan merekatkan hubungan dengan Kampus Pahlawan.

Mengawali kunjungan di Negeri Sakura, Prof Dr Ir Imam Robandi MT dan Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD mengisi kuliah tamu di Tottori University Japan, Selasa (21/11). Pada kesempatan tersebut, keduanya membagikan ilmu kepada mahasiswa dan dosen di Tottori University. Tak hanya itu, kegiatan ini sekaligus ajang bertukar pengalaman dan mempererat kerjasama bidang riset antara kedua kampus.

Dalam kuliah tamu tersebut, Prof Dr Ir Imam Robandi MT membahas kemiripan topologi sistem tenaga listrik antara Indonesia dan Jepang yang berpeluang untuk meningkatkan kualitas sistem tenaga listrik di kedua negara. Sementara itu, Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD memaparkan aplikasi kecerdasan tiruan bioinformatika dan hasil penemuannya yang berupa alat pendeteksi virus Covid-19 melalui keringat di ketiak.

Potret diskusi Prof Riyanarto Sarno dengan para dosen di Tottori University

Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD saat berdiskusi dengan para dosen di Tottori University Japan mengenai inovasi alat deteksi Covid-19 menggunakan keringat di ketiak

Pada kunjungan ini, Imam juga menyempatkan diri untuk melakukan pendampingan kepada mahasiswanya yang sedang menjalani program doktor di Tottori University. Pasalnya, ia merupakan promotor Program Peningkatan Kerjasama Promotor (PKP) Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemendikbud Ristek 2023. “Sayang jika momen ini hanya digunakan untuk satu kepentingan,” tambah Imam.

Sebagai informasi, kerjasama antara ITS dan Tottori University ini bukanlah hal baru. Kedua kampus telah menjalin hubungan yang kuat baik dalam program kunjungan tahunan, pertukaran mahasiswa, maupun kerjasama riset. Para profesor ITS yang hadir dalam kunjungan ini juga melakukan monitoring terhadap perkembangan di Jepang yang berpotensi untuk diadaptasi.

Penyerahan cinderamata oleh Dekan Fakultas Teknik Tottori Univeristy, Prof Hiroki Sakaguchi kepada Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD dan Prof Dr Ir Imam Robandi MT

Setelah menyelesaikan agenda di Tottori University, rombongan professor ITS berpindah kota dan melanjutkan kunjungannya ke Okayama University. Pada kunjungan ini, empat profesor lain turut hadir. Mereka adalah Prof Dr Eng Prabowo MEng, Prof Dr Ir Djatmiko Ichsani M Eng, Prof Dr Ir Budisantoso Wirjodirdjo M Eng, dan Prof Dr Hidayat Sugiharjo.

Imam menjelaskan, Okayama University juga telah lama menjalin kerja sama dengan ITS mulai dari penelitian hingga pertukaran dosen maupun mahasiswa. Dengan demikian, tujuan kunjungan kali ini adalah untuk memperkuat hubungan yang sudah terjalin dan membahas peluang kerja sama di masa mendatang. “Dengan ini kami menyatakan bahwa ITS sudah sangat siap dan serius dengan jalinan kerjasama ini,” teguh Imam.

Enam professor ITS bersama Prof Yasutomo Nasu (lima dari kiri), President dan Prof Takayoshi Suzuki (tiga dari kiri), Vice President Okayama University Japan

Setelah menyelesaikan kunjungan, tim dari Tottori University dan Okayama University berencana melakukan kunjungan balasan dalam waktu dekat untuk merealisasikan berbagai kerjasama yang telah dipersiapkan. “Kami sepakat untuk terus mempererat dan memperluas kolaborasi riset maupun akademik guna meningkatkan kualitas kedua institusi,” ujar Imam usai pertemuan. (*)

 

Reporter: Lathifah Sahda
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait