ITS News

Rabu, 22 Mei 2024
29 September 2023, 09:09

Raih Pendanaan Rp 12,3 Miliar, ITS Gencarkan Riset Kelapa Sawit

Oleh : itszan | | Source : ITS Online
Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD (kanan) saat penandatanganan perjanjian kerjasama Grant Riset Sawit 2023

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS, Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD (kanan) saat penandatanganan perjanjian kerjasama Grant Riset Sawit 2023

Kampus ITS, ITS News — Pergerakan riset Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kian melaju pesat. Dengan lima judul penelitian yang terdanai, ITS berhasil meraih dana penelitian sebesar Rp 12,3 miliar pada Grant Riset Sawit (GRS) 2023. Hal ini telak menjadikan Kampus Teknologi tersebut sebagai peraih pendanaan terbanyak dari program yang digagas oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kepala Sawit (BPDPKS).

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS, Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD memaparkan, GRS 2023 merupakan program penelitian dan pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Ajang tahunan ini manantang para peneliti dari berbagai institusi untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan industri kelapa sawit nasional.

Dosen Departemen Teknik Mesin ITS ini mengungkapkan bahwa ITS telah meraih pendanaan dari program ini pada tahun sebelumnya, yang menunjukkan komitmen mereka dalam pengembangan riset. Kini, pada 2023, ITS sekali lagi membuktikan diri dengan meraih pendanaan penelitian unggul dalam tiga bidang pengembangan yang berbeda, yaitu budidaya, lahan atau bibit, dan pasca-panen atau pengolahan.

Dengan tersebarnya penelitian ini di berbagai bidang, alokasi dana penelitian juga mencakup investasi dalam alat penunjang riset yang sangat dibutuhkan. Dana yang berlaku dari September 2023 hingga September 2025 juga disisihkan untuk mendukung operasional institusi secara keseluruhan. “Penggunaan dana disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dan institusi, menciptakan peluang untuk pertumbuhan lebih lanjut dalam dunia riset di ITS,”, tegas Bambang.

Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) ITS, Fadlilatul Taufany ST PhD

Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) ITS, Fadlilatul Taufany ST PhD

Di lain sisi, Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS, Fadlilatul Taufany ST PhD menambahkan, dalam konteks penelitian yang dijalankan, peneliti wajib memastikan pemenuhan berbagai luaran penting. Laporan penelitian yang komprehensif harus mencakup berbagai aspek, antara lain rekayasa sosial atau produk yang siap diaplikasikan, rekomendasi kebijakan pemerintah, temuan ilmiah yang prospektif, dan penelitian berkelanjutan.

Semua luaran ini memiliki peran krusial dalam pengembangan industri kelapa sawit nasional, mulai dari aspek hulu hingga hilir. Taufany juga mengungkapkan harapannya bahwa para peneliti akan mampu menyelesaikan penelitian mereka dengan memberikan luaran sesuai dengan yang dijanjikan. “Kami bertekad penuh, untuk mendukung pertumbuhan sektor ini,” ujar Taufany.

Di luar itu, ITS tidak hanya membatasi peran mereka dalam pengajuan proposal. Mereka juga turut mendampingi peneliti dengan penuh dedikasi melalui berbagai kegiatan seperti lokakarya dan sesi berbagi pengalaman dalam penyusunan proposal, yang melibatkan kehadiran dewan pengarah GRS 2023, Prof Dr Ir Didiek Hadjar Goenadi MSc APU. 

Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD (empat dari kiri) bersama segenap peneliti saat penandatanganan perjanjian kerjasama Grant Riset Sawit 2023, di Hotel JHL Solitaire Gading, Serpong, Senin (25/9)

Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD (empat dari kiri) bersama segenap peneliti saat penandatanganan perjanjian kerjasama Grant Riset Sawit 2023, di Hotel JHL Solitaire Gading, Serpong

Hal tersebut menunjukkan komitmen ITS dalam mendorong penelitian yang berkualitas, serta memberikan peluang lebih besar bagi proyek penelitian yang berpotensi untuk berkembang lebih. Kesuksesan ini juga mencerminkan kolaborasi yang kuat antara peneliti dan lembaga pendukungnya dalam mencapai capaian yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Demikian, ITS memiliki harapan besar akan kesuksesan penelitian yang sangat mempengaruhi perkembangan industri kelapa sawit di Indonesia. Dengan luaran yang terukur, ITS percaya bahwa penelitian ini akan menjadi tonggak penting dalam upaya memajukan sektor kelapa sawit secara berkelanjutan, sejalan dengan visi pengembangan dari hulu hingga hilir. (*)

 

Reporter: Aghnia Tias Salsabila
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait