ITS News

Jumat, 21 Juni 2024
21 Mei 2024, 23:05

Lahir kembali, PAMMITS Ajak KM ITS Bermalam Minggu

Oleh : itshan | | Source : ITS Online

Gitaris band dari Fakultas Vokasi (FV) ITS tengah melakukan freestyle di Pasar Malam Minggu ITS (PAMMITS) 2024, Sabtu (18/5)

Kampus ITS, ITS News –  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali terangi langit malam Minggu dengan helatan kegiatan Pasar Malam Minggu ITS (PAMMITS), Sabtu (18/5). Seakan terlahir kembali, pasar malam yang sempat vakum tiga tahun ini hadirkan puluhan tenant dari sivitas akademika ITS dan penampilan musik meriah yang dibalut dalam tema Festa Nesvara.

Digelar pada minggu ke-12 perkuliahan di ITS, Project Officer PAMMITS 2024, Merza Abyan Zein mengaku ingin membangkitkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kegiatan ini. Untuk itu, Festa Nesvara hadir sebagai tema dari PAMMITS 2024. Tema ini mengacu pada bahasa Sanskerta yang berarti siklus padam yang bersinar kembali. “Momentum ini kami gunakan untuk mengingatkan kembali ke sivitas akademika ITS bahwa PAMMITS merupakan acara yang bergengsi,” ucapnya.

Disambut dengan tembakan sorotan lampu dari berbagai spektrum warna, PAMMITS ramaikan suasana dengan alunan musik hiburan beserta aktivitas jual beli bak pasar malam. Di dalamnya, dihadirkan penampilan-penampilan apik nan menghibur dari perwakilan tiap fakultas yang ada di ITS. “Tentu hal ini menjadi daya tarik bagi masyarakat yang suntuk dan ingin mendapatkan hiburan di akhir pekan,” tutur mahasiswa Departemen Teknik Geomatika tersebut.

Personal Modern Dance Fakultas Desain dan Bisnis Digital (FDKBD) pada PAMMITS 2024 di Taman Alumni ITS

Personal Modern Dance Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) pada PAMMITS 2024 di Taman Alumni ITS

Melihat antusiasme dari para pengunjung, panitia PAMMITS juga turut menghadirkan beberapa bintang tamu top nan terkenal seperti Musik ITS hingga Kawaii Riot. Terbukti, penampilan keduanya berhasil memenuhi taman alumni ITS dengan sorak sorai dan wajah sumringah dari para pengunjung. Hal ini semakin diperindah dengan closing performance yang dibawakan oleh band asal Surabaya bernama West District.

Di lain sisi, adanya pasar malam juga mendukung suasana pesta dari tema ini. PAMMITS sukses fasilitasi para pengunjung dengan hadirkan 52 tenant dari sivitas akademika ITS yang 19 diantaranya berasal dari himpunan mahasiswa departemen (HMD) di ITS. Dari maraknya pengunjung dan partisipan tenant yang hadir, nuansa pasar malam yang ada pada malam itu menjadi lebih hidup.

Pengunjung PAMMITS saat hendak membeli makanan yang ada di salah satu Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) yang ada di PAMMITS 2024

Pengunjung PAMMITS saat hendak membeli makanan yang ada di salah satu stan himpunan mahasiswa departemen (HMD) yang ada di PAMMITS 2024

Hadirnya tenant ini juga menjadi wadah HMD untuk mengaplikasikan pelatihan kewirausahaan yang sudah diberikan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS sebelumnya. Perlu diketahui bahwa Kementerian Ekonomi Kreatif (Ekraf) BEM ITS telah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para HMD tiga tahun terakhir. Namun, pelatihan tersebut terhenti pada penerimaan wawasan saja. “Kehadiran PAMMITS ini merupakan wadah praktik lapangan untuk para HMD,” tutur Merza.

Dengan berhasil digelarnya PAMMITS 2024, ke depannya Merza berharap PAMMITS dapat terus hadir mewarnai malam minggu masyarakat ITS di tahun yang akan datang. Selain itu, PAMMITS juga diharap dapat terus memberikan wadah kewirausahaan bagi HMD ITS. “Semoga pasar malam ini bisa menjadi simbol bahwa ITS senantiasa mendukung kewirausahaan yang dimiliki oleh mahasiswanya,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Bima Surya Samudra

Berita Terkait