ITS News

Minggu, 05 Mei 2024
19 Juli 2023, 20:07

Peran Penting Pola Pikir Berkembang terhadap Kesuksesan

Oleh : itsfeb | | Source : ITS Online

Ilustrasi seseorang yang memiliki pola pikir berkembang atau growth mindset (sumber: Clear UNT Edu)

Kampus ITS, Opini — Kesuksesan menjadi sesuatu yang didambakan oleh setiap orang.  Terdapat banyak cara untuk meraih kesuksesan, salah satunya adalah dengan menerapkan pola pikir berkembang. Lalu, mengapa pola pikir berkembang memiliki peran penting terhadap kesuksesan? 

Takut akan kegagalan, cemoohan orang, hingga susahnya sebuah proses, menjadi beberapa hal yang dihadapi oleh seseorang ketika hendak mencapai kesuksesan. Namun, bukan berarti semua hal tersebut bisa menjadi dinding yang menghalangi seseorang untuk sukses. Guna menaklukkan hal tersebut, seseorang bisa menerapkan pola pikir berkembang.

Menurut Psikolog Stanford University, Carol Dweck, orang dengan pola pikir berkembang akan memandang bahwasannya keahlian atau kecerdasan dapat terus dikembangkan melalui usaha dan ketekunan. Pola pikir ini dapat membuat seseorang akan menganggap suatu masalah sebagai tantangan yang harus diselesaikan, bukan hambatan yang tidak bisa diatasi. 

Berdasarkan apa yang dikatakan oleh psikolog asal Amerika Serikat tersebut, pola pikir berkembang atau growth mindset ini menyebabkan seseorang berani untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah / tidak bisa dia lakukan sebelumnya. Dengan pemikiran tersebut, seseorang berpotensi untuk dapat berkembang tanpa batas. 

Potensi seseorang untuk dapat berkembang tanpa batas dapat berdampak langsung pada kinerja mereka. Pada sebuah studi yang dilakukan oleh I Wayan Erlangga tahun 2020 dalam jurnal American Journal of Humanities and Social Sciences Research, didapatkan bahwa growth mindset akan berbanding lurus dengan performa pekerjaan karyawan. Artinya, performa karyawan meningkat seiring tingginya pola pikir berkembang mereka. 

Lebih lanjut, growth mindset juga menjadikan seseorang dapat menafsirkan komentar buruk terhadap mereka sebagai motivasi untuk bisa berkembang. Mereka percaya bahwasannya tidak ada satu hal pun yang tidak bisa mereka lakukan selagi mereka berusaha. Sehingga, rasa kepercayaan diri dalam diri seseorang dapat meningkat dengan pola pikir yang demikian. 

Selain beberapa skill yang telah disebutkan, masih banyak kemampuan lain yang dimiliki oleh seseorang dengan pola pikir berkembang, salah satunya tidak takut akan kegagalan. Seseorang yang memiliki growth mindset percaya bahwa kegagalan adalah suatu batu loncatan sebelum berkembang menjadi lebih baik. 

Memang, pola pikir berkembang ini bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai kesuksesan. Akan tetapi, seseorang dengan pola pikir berkembang atau growth mindset ini telah memegang salah satu kunci kesuksesan. Sebab akan banyak pengetahuan dan kemampuan baru yang akan mereka pelajari tiap harinya. 

Dapat disimpulkan bahwa pola pikir berkembang sangat penting untuk ditanamkan pada tiap fase kehidupan manusia. Dengan growth mindset, manusia akan bisa mencapai kesuksesan mereka. Meskipun sering dipandang sebelah mata, pola pikir sudah seyogyanya menjadi perhatian oleh tiap orang guna meraih kesuksesan. (*)


Ditulis oleh:
Mohammad Febryan Khamim
Departemen Matematika
Angkatan 2022
Reporter ITS Online

Berita Terkait