ITS News

Kamis, 08 Desember 2022
16 Oktober 2022, 22:10

Departemen Teknik Sistem Perkapalan Selenggarakan Pelatihan AutoCAD

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Suasana Pelatihan Autocad 2022 di Laboratorium Marine Manifacturing and Design (MMD) Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Senin (10/10)

Kampus ITS, ITS News — Menunjang keterampilan mahasiswa dalam desain dua dimensi, Departemen Teknik Sistem Perkapalan menggelar rangkaian pelatihan AutoCAD, sejak 3 Oktober lalu. Pelatihan ini wajib bagi seluruh mahasiswa baru Teknik Sistem Perkapalan. 

Tutor pelatihan, Kevin Juliantara Widodo menjelaskan bahwa pelatihan dasar ini akan sangat berguna bagi para mahasiswa. Pasalnya, perkuliahan di departemen ini akan banyak mengimplementasi keterampilan AutoCAD. “Seperti mata kuliah Menggambar Teknik dan CAD yang jadi induk dari pelatihan ini,” tuturnya. 

Kevin menyebutkan, rangkaian pelatihan ini merupakan pelatihan dasar. Peserta belajar mengenali berbagai alat (tools) yang dapat digunakan pada AutoCAD. “Kami memacu mereka agar mampu mengerjakan objek desain secara mandiri,” sambungnya.

Peserta pelatihan (kiri) sedang bertanya tentang pembuatan desain kepada asisten tutor (kanan)

Di setiap sesi, menurut Kevin, peserta akan ditugaskan membuat objek tertentu sesuai modul pembelajaran. Setelah itu, tutor akan membahas dan mengevaluasi hasil pekerjaan tiap peserta. “Kami juga memberikan penugasan agar pemahaman peserta lebih maksimal,” jelasnya. 

Ketua pelaksana pelatihan ini, Gilang Gerarda Pratama menyebutkan bahwa pelatihan ini bersifat interaktif. Peserta dipersilakan untuk aktif bertanya di sela-sela materi agar kendala yang sedang ia hadapi dapat langsung dibantu oleh tutor. “Kami ingin peserta benar-benar memahami penggunaan AutoCAD agar perkuliahan mereka ke depannya lebih lancar,” pungkasnya. 

Selain mata kuliah Menggambar Teknik dan CAD, aplikasi AutoCAD juga diperlukan mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan dalam beberapa mata kuliah lain. Di antaranya mata kuliah desain rencana garis, propeler dan sistem perporosan, hingga sistem permesinan dan kelistrikan kapal. (*)

Reporter: ion5
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait