ITS News

Senin, 05 Desember 2022
15 Oktober 2022, 14:10

Pelepasan Wisudawan Despro Usung Tema Steampunk

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Potret mahasiswa Desain produk ITS dengan kostum bertemakan Steampunk pada kegiatan Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati Desain Produk 2022

Kampus ITS, ITS News Wisuda menjadi momen bahagia bagi para mahasiswa untuk merayakan babak akhir perkuliahan. Memanfaatkan kesempatan ini, Departemen Desain Produk (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengadakan kegiatan Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati Desain Produk dengan mengusung tema steampunk.

Bertempat di Gedung Despro ITS, mahasiswa Despro melakukan penyambutan kepada wisudawan dan wisudawati Departemen Despro tahun 2022, Minggu (25/9). Mahasiswa angkatan 2022 ini mengenakan kostum-kostum menarik bertemakan Steampunk dan mempersembahkan karya instalasi berbentuk kapal yang digunakan sebagai representasi atau ikon dari tema yang diusung.

Ketua pelaksana kegiatan ini, Alvaroisi Widyadi, menjelaskan bahwa tema Steampunk sendiri merupakan percabangan dari genre science fiction yang menggabungkan teknologi futuristik dan estetika yang terinspirasi oleh mesin uap pada abad ke-19. mahasiswa asal Pamekasan ini berpendapat bahwa tema Steampunk dipilih karena terinspirasi dari konsep yang sering dipakai dalam video games jenis Role-Playing Games (RPG).

Permainan video seperti Warhammer, Wolfenstein, dan Bioshock merupakan sedikit dari sumber yang digunakan dalam kegiatan kali ini. “Ya, intinya steampunk itu memodifikasi atau mengubah model teknologi jadul menjadi seakan-akan teknologi modern,” jelas Wakil Komandan Tingkat (Wakomting) Departemen Despro angkatan 2022 ini.

Berangkat dari inspirasi yang kreatif, menurut Alvaroisi, terlepas sedikit orang yang tahu mengenai konsep ini, keunikan dari tema steampunk berhasil menarik perhatian warga ITS setelah diperkenalkan melalui kegiatan Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati Despro. “Bisa juga karena jarang diangkat tema ini jadi makin menarik,” terangnya.

Mahasiswa kelahiran 2004 ini juga bercerita bahwa kostum bertemakan steampunk ini sukses unjuk diri setelah melalui proses pembuatan selama satu minggu dengan desain-desain yang menarik dan kreatif. Memanfaatkan bahan-bahan bekas, kostum-kostum tersebut tak hanya berfungsi sebagai pakaian bermodel, tetapi juga menjadi wadah mahasiswa Despro untuk mengembangkan kreativitas mereka.

Desain bentuk instalasi kapal kegiatan Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati ITS Tahun 2022

Alvaroisi menambahkan, tak hanya mahasiswa Despro angkatan 2022 saja yang berperan dalam kegiatan pelepasan wisudawan dan wisudawati ini. Tetapi, Himpunan Mahasiswa Despro ITS (HIMA IDE) juga sangat berperan besar dalam mengelaborasi tema steampunk untuk dijadikan konsep kegiatan yang berkesan bagi wisudawan. HIMA IDE bahkan telah menyiapkan dan membuat instalasi berbentuk kapal untuk mendukung tema yang mereka usung guna menambah kemeriahan pelepasan bagi wisudawan Despro.

Instalasi berbentuk kapal ini dipilih karena memang sangat sesuai dengan tema. Berdasarkan pendapat dari Alvaroisi, tema steampunk sangat berhubungan erat dengan desain kapal yang berbagai macam bentuknya. Kali ini, HIMA IDE memilih bentuk kapal futuristik yang dilengkapi dengan sayap pada kedua sisi kapal dan detail-detail mesin pada badan kapal sehingga tercipta instalasi dengan konsep kapal terbang.

Mahasiswa alumni SMAN 1 Pamekasan Ini juga menuturkan kesulitan-kesulitan selama proses persiapan kegiatan pelepasan wisudawan dan wisudawati ini, yaitu cukup terganggunya kegiatan kuliah dan pembuatan kostumnya yang cukup rumit. Walaupun begitu, Alvaroisi mengungkapkan rasa bangganya setelah melihat hasil kegiatan yang dijalankan memuaskan dan di saat yang sama dapat menjaga nama baik angkatannya.

 

Reporter: ion25

Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait