ITS News

Selasa, 14 Mei 2024
28 Februari 2022, 09:02

Awarding Night Meriahkan Penutupan IE Games 17th Edition

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Acara awarding night IE Games yang dipandu oleh Master of Ceremony (MC) Sasha dan Arthur dari Departemen Teknik Sistem dan Industri

Kampus ITS, ITS News – Industrial Engineering (IE) Games 17th Edition, kompetisi yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memasuki puncak acara Awarding Night, Minggu (13/02). Dalam acara yang dinantikan seluruh peserta, turut diumumkan juara kompetisi tersebut yang memeriahkan penutupan ini.

Ketua Pelaksana IE Games 17th Edition, Made Laksmi Ariyani mengatakan jika juara pertama berhasil diraih oleh Tim Anak Soleh dari SMA Negeri 1 Jember. Sedangkan Tim Badut Lolos SNMPTN dari SMA Negeri 8 Surabaya dan Tim Membarang Pt 2 dari SMA Negeri 1 Trenggalek masing-masing berhasil menduduki posisi dua dan tiga.

Sebagai hadiahnya, Tim Anak Soleh memperoleh tiket masuk ke dalam Departemen Teknik Sistem dan Industri (DTSI) ITS setelah mereka tamat di SMA. Tak hanya itu, pemenang juara kedua dan ketiga juga memperoleh sejumlah uang, piala, dan sertifikat kejuaraan.

Menurutnya, Kegiatan IE Games ini merupakan ajang kompetisi bagi siswa SMA atau setara dari  jurusan IPA di seluruh Indonesia. “Kompetisi ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada siswa SMA mengenai DTSI,” jelas perempuan yang akrab disapa Laksmi.

Suasana Awarding Night IE Games 17th Edition yang meriah meskipun diselenggarakan secara daring di Zoom Meeting

Lanjutnya, IE Games sendiri dibagi menjadi tiga ronde, yaitu preliminary, semifinal, dan final. Dalam ronde preliminary, hanya terdapat 30 tim yang berhasil lolos ke ronde selanjutnya. Kemudian, dalam ronde semifinal, peserta berkesempatan mengikuti tur laboratorium dan mengulik perusahaan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang dijelaskan secara langsung proses bisnis perusahaan.

Pada babak semifinal, 30 tim harus mengerjakan business case terkait PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing selama 60 menit. Selanjutnya, hasil pekerjaan mereka dipresentasikan kepada dewan juri DTSI. Dari t30 tim tersebut, hanya dipilih lima tim untuk lanjut ke tahap final.

Terakhir, Laksmi berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi salah satu langkah awal siswa SMA untuk bisa merasakan perkuliahan dan mengetahui DTSI secara umum. “Semoga IE Games ini bisa meningkatkan citra positif DTSI dan dapat tersebar luas di seluruh siswa SMA di Indonesia,” pungkasnya dengan penuh harapan.(*)

Reporter: Bima Surya Samudra
Redaktur: Sofyan Abidin

Berita Terkait