ITS News

Selasa, 14 Mei 2024
19 Desember 2021, 16:12

ITS Sepakati Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi bersama Unpri

Oleh : itsojt | | Source : -

(dari kiri) Wakil Rektor III UNPRI Temmy Setiawan SE MSi, Rektor UNPRI H M Arifin Daulay SH MSi, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, dan Wakil Rektor II ITS Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD seusai penandatanganan MoU

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berupaya dalam memperluas mitra kerja samanya. Kali ini, ITS menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Pramita Indonesia (Unpri) Banten di Gedung Rektorat, Rabu (8/12). Kerja sama tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pembahasan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini mencangkup bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kemahasiswaan, dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unpri, Dr Slamet Suwanto SPd MSi mengungkapkan jika dari 1.238 desa di Provinsi Banten, hanya lima desa yang merupakan desa mandiri.

Hal tersebut yang membuat Slamet berharap kepada ITS supaya dapat mendampingi Unpri dalam pengentasan desa tertinggal di Provinsi Banten. “Kami berharap adanya pendampingan dalam penelitian dan pengabdian masyarakat dapat kita terapkan untuk meningkatkan kapasitas aparatur dan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Foto bersama jajaran pimpinan ITS dan UNPRI yang menghadiri penandatanganan MoU yang bertempat di Gedung Rektorat ITS

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menegaskan jika ITS terbuka dengan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) lainnya. Ashari menyatakan kesiapannya untuk memajukan bangsa. “Mari kita bersinergi bersama untuk kemajuan anak-anak bangsa,” tuturnya.

Ashari menjelaskan, ada beberapa versi untuk mengatasi masalah desa yaitu melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda), dan pemberdayaan dan pembangunan desa. Selain itu, ITS juga memiliki lima pusat kajian yang bergerak untuk masyarakat serta departemen-departemen yang bergerak di bidang sosial.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng turut memberikan sambutannya dalam acara penandatangan MoU kali ini

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unpri, H M Arifin Daulay SH MSi menilai jika melalui kerja sama ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan Unpri. “Kami mohon arahan serta bimbingan sehingga kampus kami dapat berkembang lewat kerja sama mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi ini,” pungkasnya.(*) 

Rektor UNPRI H M Arifin Daulay SH MSi ketika memberikan sambutan dalam acara penandatanganan MoU antara UNPRI dan ITS

Reporter: Ricardo Hokky Wibisono
Redaktur: Sofyan Abidin

Berita Terkait