ITS News

Sabtu, 12 Juni 2021
09 April 2021, 16:04

ITS Peringkat Pertama Pengunggah Proposal PKM Terbanyak

Oleh : adminwebits | | Source : www.its.ac.id
Pencapaian luar biasa ITS yang diumumkan menjadi pengunggah proposal PKM terbanyak tahun 2021

Pencapaian luar biasa ITS yang diumumkan menjadi pengunggah proposal PKM terbanyak tahun 2021

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berupaya mewujudkan visinya sebagai perguruan tinggi terdepan di bidang riset dan teknologi. Salah satunya ditunjukkan ITS dengan berhasil menjadi perguruan tinggi pengunggah proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak tahun 2021 ini dengan capaian sebanyak 1.021 proposal.

Pengumuman unggah yang merupakan bagian awal dari proses seleksi menuju ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ini disiarkan melalui akun media sosial Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku penyelenggara Pimnas, Selasa (6/4) lalu.

Kepala Seksi Pengembangan Talenta Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS Hakun Wirawasista Aparamarta ST MMT PhD mengamini pencapaian yang diraih ITS ini. Ia mengungkapkan, hasil ini tidak lepas dari peran Ditmawa dalam membentuk tim satuan tugas (satgas) PKM ITS yang dirasa sukses menggerakkan dan memotivasi mahasiswa ITS dalam mengikuti PKM. “Kami selalu memfasilitasi dan men-support kebutuhan tim satgas,” ujarnya.

Persebaran jumlah proposal terunggah dan tervalidasi dari setiap departemen di ITS

Persebaran jumlah proposal terunggah dan tervalidasi dari setiap departemen di ITS

Hakun menjelaskan, dari 1.021 proposal yang diajukan ITS, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) menjadi departemen dengan jumlah proposal unggah terbanyak sejumlah 85 proposal. Sedangkan, PKM Karsa Cipta menjadi bidang PKM dengan jumlah proposal unggah terbanyak di antara seluruh skema bidang dengan perolehan 233 proposal.

Dosen Departemen Teknik Kimia ini menerangkan, tahap pengumuman unggah proposal ini merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan PKM menuju Pimnas. Proposal yang sudah diunggah akan diseleksi kembali untuk kemudian dipilih proposal yang layak untuk didanai. “Proposal didanai itulah yang akan masuk Pimnas,” imbuhnya.

Kepala Seksi Pengembangan Talenta Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS, Hakun Wirawasista Aparamarta ST MMT PhD ketika memantau latihan mahasiswa untuk kompetisi PKM

Kepala Seksi Pengembangan Talenta Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS, Hakun Wirawasista Aparamarta ST MMT PhD ketika memantau latihan mahasiswa untuk kompetisi PKM

Sementara itu, Ksatria Sepuluh Nopember (KSN) ITS sebagai tim pendamping PKM ITS menyambut dengan gembira pencapaian ini. Suprihatin, anggota Tim Pedoman KSN ITS mengatakan, ia mengapresiasi kontribusi dari seluruh sivitas akademika ITS, mulai dari mahasiswa yang sangat antusias dalam tahap penyusunan proposal hingga peran serta dari para dosen yang mendukung penuh kegiatan PKM di ITS.

Mahasiswa yang kerap disapa Atin ini menambahkan, antusiasme mahasiswa ITS dalam mengikuti PKM mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari meningkatnya jumlah proposal yang terkumpul dibanding tahun lalu. “Peningkatannya hampir dua kali lipat karena tahun lalu ITS mengunggah 548 proposal,” tuturnya.

Mengakhiri penjelasannya, Hakun optimistis ITS dapat memperoleh hasil yang terbaik di Pimnas ke-34 tahun ini. Menurutnya, menjadi juara umum Pimnas adalah target yang realistis mengingat pencapaian luar biasa yang ditorehkan ITS semenjak tahap awal. “Kami ingin momen tahun 2013 bisa terulang kembali, di mana ITS dapat mewujudkan maqom sebenarnya sebagai juara umum Pimnas ke-34,” pungkasnya penuh harap. (HUMAS ITS)

Reporter: Ferdian Wibowo

Berita Terkait