ITS News

Rabu, 29 Mei 2024
24 April 2024, 00:04

Lima Tahun Menjadi Rektor ITS, Ashari Ceritakan Kenangan Indahnya

Oleh : itsdhii | | Source : ITS Online
Foto Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng saat menyampaikan sambutan dan arahan dalam Rapim Akbar 2024

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng saat menyampaikan sambutan dan arahan dalam Rapat Pimpinan Akbar 2024

Kampus ITS, ITS News —Menghabiskan waktu selama lima tahun sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) benar-benar memberikan kenangan yang indah bagi Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng. Hal ini diungkapkan oleh Ashari dalam acara Rapat Pimpinan Akbar ITS yang diselenggarakan secara luring di Graha Sepuluh Nopember ITS, Selasa (23/4).

Dalam Rapat Pimpinan terakhirnya sebagai Rektor ITS ini, Ashari kembali mengenang perjalanannya bersama ITS selama lima tahun terakhir. Banyak sekali hal yang terjadi dalam rentang waktu tersebut, termasuk berbagai pencapaian yang berhasil diraih oleh ITS. “Alasan kami mengundang bapak dan ibu pada rapat kali ini, yaitu untuk berbahagia sekaligus mengapresiasi hasil usaha kita selama ini,” ucapnya kepada para pimpinan ITS yang menghadiri Rapat Pimpinan tersebut.

Salah satu kenangan yang dibagikan oleh Ashari adalah mengenai para pemegang keputusan di Indonesia yang sempat beberapa kali berkunjung ke ITS. Dirinya menyebutkan bahwa setidaknya terdapat sembilan menteri yang sempat menyambangi ITS. Beberapa diantaranya adalah Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Pertahanan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Foto Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD IPU AEng saat menyampaikan kesan-kesan

Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD IPU AEng saat menyampaikan kesan-kesan mengenai Rektor ITS periode tahun 2019-2024

Tidak hanya itu, ITS juga berhasil meraih penghargaan dari The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Pencapaian ini diraih oleh ITS dalam acara UNESCO-ICHEI Higher Education Digitalization Pioneer Case Award setelah bersaing dengan 131 perguruan tinggi dari 42 negara. “ITS berhasil meraih prestasi ini karena konsisten melahirkan berbagai inovasi dan regulasi mengenai edukasi digital,” jelas Rektor ITS periode 2019-2024 tersebut.

Di sisi pemeringkatan, ITS juga mengalami peningkatan yang signifikan dalam lima tahun terakhir. Salah satunya dapat dilihat dari peringkat ITS menurut Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR). Berdasarkan QS WUR, ITS sempat berada pada rentang peringkat 801-1000 pada 2019 dan kini ITS berhasil menduduki rentang peringkat 621-630 dunia. “Peningkatan ini merupakan salah satu bukti kerja keras dari dari bapak ibu (pimpinan ITS beserta jajaran, red) semua,” ujarnya.

Launching batik baru ITS

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng (tengah depan atas) saat peluncuran batik baru ITS pada Rapat Pimpinan Akbar ITS

Tidak lupa, Ashari juga mengucapkan terima kasihnya terhadap sivitas academika ITS yang telah berkontribusi untuk membawa ITS menjadi institusi yang lebih baik. Ia juga menyampaikan bahwa segala prestasi yang telah berhasil diraih oleh ITS merupakan hasil buah usaha seluruh pihak. “Kami masih belum bisa membalas usaha bapak dan ibu dengan kemewahan apapun, tetapi izinkan saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya,” tutupnya dengan terharu. (*)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Bima Surya Samudra

Berita Terkait