ITS News

Rabu, 15 Mei 2024
06 September 2019, 21:09

Pemprov Kaltim Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa ITS

Oleh : itslut | | Source : ITS Online

Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menerima cenderamata yang diberikan oleh perwakilan dari Pemprov Kaltim Riawati SSi MEM

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menegaskan langkahnya sebagai perguruan tinggi yang juga fokus dalam peningkatan aspek sumber daya manusianya (SDM). Kali ini adalah melalui kerja sama pemberian beasiswa pendidikan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim). Hal ini diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dilakukan di Gedung Rektorat ITS, Kamis (5/9).

Dalam sambutannya, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menjelaskan, ITS terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan SDM di suatu daerah. Kerja sama dengan Pemprov Kaltim ini juga merupakan salah satu cara untuk terus menjaga hubungan baik yang sudah dibangun selama beberapa tahun. Sebagai informasi, ITS juga telah berkomitmen untuk terus memberikan bantuan dan inovasinya terhadap pengembangan salah satu kampus di Provinsi Kaltim yaitu Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

Adanya perjanjian kerja sama ini juga disambut positif mengingat jumlah mahasiswa ITS yang berasal dari Provinsi Kaltim sangat banyak setiap tahunnya. “Kami sangat senang dan juga berterima kasih dengan adanya perjanjian kerja sama ini, diharapkan ada transfer ilmu yang terjadi antara kedua belah pihak sekaligus mahasiswa sebagai penerima beasiswanya nanti,” ujar pria yang akrab disapa Ashari ini.

Senada dengan hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Kaltim, Riawati SSi MEM menambahkan, Pemprov Kaltim sudah melakukan kerja sama dengan ITS sejak 2012 yang diawali dengan kerja sama pembangunan. ITS juga dipilih karena secara konsisten menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Ia melanjutkan, banyak keunggulan yang menjadi ciri khas ITS dibandingkan perguruan tinggi lainnya. “Secara emosional, sudah ada jalinan yang erat antara kami dengan ITS,” ujarnya.

Beberapa Wakil Rektor dan juga Dekan di ITS menyambut kedatangan tamu dari Pemprov Kaltim dengan diskusi ringan dan hangat

Dikatakan Ria, Pemprov Kaltim telah banyak melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia khususnya yang masuk ke dalam peringkat 20 besar. Selain untuk pengembangan kegiatan keilmiahan, Pemprov Kaltim juga mengembangkan aspek SDM yang ada. Nantinya, pengembangan SDM ini diharapkan mampu memberikan kontribusinya tidak hanya terbatas di Provinsi Kaltim tetapi juga seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk bentuk kerjasamanya sendiri, Pemprov Kaltim mengikuti konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup aspek pengabdian masyarakat, penelitian, dan pendidikan. Dalam hal ini, Pemprov Kaltim akan melakukan proses kerja sama dengan ITS, kemudian yang akan diproses lebih lanjut adalah terkait pemberian Beasiswa Kaltim Tuntas. ITS akan menjadi fasilitator bagi pihak pemerintah dan mahasiswa. Setelah itu, akan dilakukan inventarisasi terkait pendataan mahasiswa berprestasi yang berasal dari Kaltim.

Nantinya, tambah Ria, persyaratan khusus seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3.00 dan akreditasi program studi minimal B juga tertera di dalamnya supaya tersaring sebagai calon penerima Beasiswa Kaltim Tuntas. “Beasiswa ini dinamakan Beasiswa Kaltim Tuntas karena sesuai dengan tujuan awalnya di mana Pemprov Kaltim ingin memberikan bantuan dana pendidikan kepada mahasiswa ITS yang berasal dari Provinsi Kaltim,” ucapnya.

Hal tersebut diharapkan Ria dapat meringankan beban mahasiswa agar tidak ada kendala selama menjalani masa studi di ITS. Sehingga, mereka mampu menyelesaikan proses studinya baik itu jenjang sarjana, magister, maupun doktor. Lebih lanjut, beasiswa ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari Provinsi Kaltim di kampus ITS saja, tetapi mencakup perguruan tinggi lainnya di beberapa daerah di Indonesia.

Ria berharap, pemberian beasiswa ini bisa menjadi sebuah lecutan semangat bagi mahasiswa agar terus berprestasi dan berkontribusi dengan memberikan dampak positif di lingkungannya masing-masing. “Semoga kerja sama ini tidak hanya terbatas sampai pemberian beasiswa pendidikan saja, tapi juga mencakup aspek – aspek penting lainnya seperti pengembangan keilmiahan dan peningkatan kualitas sumber daya manusianya,” pungkasnya. (lut/owi)

Delegasi dari Pemprov Kaltim berfoto bersama pihak ITS setelah penandatanganan kerja sama

Berita Terkait