ITS News

Jumat, 26 April 2024
11 April 2019, 11:04

Departemen Informatika ITS Resmikan Student Center dan Plaza

Oleh : itsram | | Source : https://its.ac.id/news

Rektor ITS ketika memotong pita tanda peresmian student center dan plaza bersama Kepala Departemen Informatika, Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK), dan Prof Ir Supeno Djanali MSc PhD

Kampus ITS, ITS News – Kebutuhan akan ruang bersosialisasi di kalangan mahasiswa sangatlah besar. Sebagai respon dari kebutuhan tersebut, Departemen Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mendirikan Student Center dan Plaza Prof Supeno. Kini, dua wadah tersebut sudah rampung dan telah diresmikan langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD Senin, (8/4).

Tak dapat dipungkiri bahwa aktivitas mahasiswa di lingkungan kampus hampir 24 jam dalam sehari. Mulai dari kegiatan himpunan, komunitas, sampai kerja kelompok banyak dilakukan mahasiswa, begitu pula dengan mahasiswa Departemen Informatika ITS. Menjawab kebutuhan tersebut, dibangunlah Student Center dan Plaza Prof Supeno.

Penamaan Plaza Prof Supeno sendiri tak lain merujuk pada Prof Ir Supeno Djanali MSc PhD. Menurut Kepala Departemen Teknik Informatika, Dr Eng Darlis Herumurti SKom MKom, sosok Supeno merupakan founding father Departemen Informatika ITS. Untuk mengapresiasi jasa-jasanya, nama Supeno dijadikan sebagai nama dari plaza tersebut.

Pria yang akrab disapa Darlis ini menjelaskan bahwa Student Center terdiri dari dua lantai dengan fungsi yang berbeda. “Lantai satu berisi kafetaria dengan sistem Self-service (pelayanan sendiri, red), sementara pada lantai dua didesain menjadi ruang baca dan ruang belajar terbuka 24 jam,” ungkap Darlis.

Dr Eng Darlis Herumurti SKom MKom, Kepala Departemen Informatika ITS ketika berada di Kafetaria Student Center Departemen Informatika ITS

Sistem pelayanan sendiri di kafetaria student center, lanjut Darlis, berguna untuk melatih kemandirian mahasiswa. Sebagai contoh, pembeli diharuskan untuk mengembalikan tempat bekas makan dan minum ke wadah yang disediakan setelah selesai mengonsumsi makanan dan/atau minuman. “Selain mendorong mahasiswa untuk tidak terus mengandalkan orang lain, hal ini juga memudahkan petugas dalam membersihkannya,” paparnya.

Selain sistem pelayanan sendiri, hal menarik lainnya adalah pembayaran pada kafetaria student center sudah dilengkapi dengan alat pembayaran nontunai. Dengan metode pembayaran nontunai tersebut, kesulitan dalam pemberian kembalian uang dapat dipangkas sehingga tidak memakan waktu dan mempercepat antrian. Dalam hal ini, Departemen Informatika ITS bekerja sama dengan OVO sebagai penyedia jasa.

Staff Perpustakaan Teknik Informatika ITS, Eva Mursidah AMd, menjelaskan bahwa ruang baca dan ruang belajar terbuka di student center dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. “Pada ruang baca disediakan komputer yang terhubung internet, karya lokal berupa tugas akhir mahasiswa dua tahun terakhir, dan ruang lesehan yang nyaman bagi pembelajaran. Begitu pula pada ruang belajar terbuka 24 jam juga dilengkapi dengan meja, kursi, rak-rak berisi buku, serta akses internet,” tuturnya.

Potret baru ruang baca Departemen Informatika ITS

Memakan waktu pembangunan kurang lebih empat bulan, gedung student center telah selesai pada akhir tahun 2018 dan secara infrastruktur baru rampung pada akhir Maret. Di sisi lain, Plaza Prof Supeno telah lebih dahulu selesai bahkan sudah dimanfaatkan menjadi tempat bersosialisasi untuk kegiatan-kegiatan mahasiswa. Namun pihak Departemen Informatika memilih untuk meresmikannya secara bersamaan.

Pada acara peresmian tersebut, Rektor ITS juga meninjau secara langsung student center dan Plaza Prof Supeno didampingi oleh Kepala Departemen Teknik Informatika dan civitas academica Fakultas Teknologi Informatika (FTIK) ITS. Raut wajah bahagia Joni Nampak ketika ia berkeliling melihat fasilitas di kedua tempat yang kedepannya akan mendukung kegiatan mahasiswa itu.

Joni berharap bahwa pembaruan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi. “Semoga mahasiswa dapat dengan nyaman menjalani studinya di ITS, serta ruangan ini mampu menjadi wadah bersosialisasi yang pas bagi mahasiswa,” pungkasnya. (ram/id)

Rektor ITS ketika meninjau secara langsung Student Center dan Plaza Prof Supeno

Berita Terkait