ITS News

Rabu, 08 Mei 2024
08 Mei 2008, 12:05

SITIA 2008 Soroti E-Learning dan Mitigasi Bencana

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar on Intelligent Technology and It’s Aplication 2008 (SITIA 2008), kembali diadakan pada Kamis(8/5) di Graha Sepuluh Nopember Surabaya. Ratusan peserta baik pembicara ataupun hanya sebagai partisipan menghadiri seminar yang diadakan oleh jurusan Teknik Elektro ini. Kegiatan ini adalah agenda rutin jurusan Teknik Eletro yang selalu digelar setiap tahun.

SITIA 08 ini, dibuka langsung oleh Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD. Dan dalam pidatonya, berharap bahwa SITIA 2008 kali ini dapat menjadi sarana untuk saling berbagi riset dan teknologi. "Semoga dengan adanya SITIA 2008 kali ini, menjadi salah satu momentum untuk saling berbagi pengetahuan dan teknologi. Mengingat teknologi di era saat ini memiliki peranan yang penting," ungkap Rektor dalam sambutannya.

Prof Dr Kohei Arai, dalam seminar bertaraf international ini menitik beratkan pada Mitigasi Bencana Alam serta pemantauan global, dengan judul paper Disaster Mitigation System and Global Monitoring with Remote and Direct Sensing Data. Dalam paper ini, Arai menyimpulkan bahwa bencana alam seperti tsunami sebenarnya dapat diidentifikasi sebelumnya.

Sementara Prof Dr Tsuyoshi Usagawa mengungkapkan tenantang pentingnya e-learning yang sangat dibutuhkan untuk universitas. Tsuyoshi Usagawa juga memberikan pemaparan tentang perrkuliahan e-learning yang sudah diterapkan di Universitas Kumamoto, Jepang serta prospek dari perkuliahan dengan menggunakan system e learning.

Tak kurang dari 117 judul paper, dipresentasikan dalam seminar ini. Dengan berbagai kategori bidang, diantaranya Biomedical Engineering, Computer Science, Control System dan Robotic, Elektronika dan Instrumentasi, Sistem Informasi, Power System serta Telekomunikasi. Dari berbagai judul paper tersebut, seluruh peserta diberi kesempatan untuk saling berdiskusi dengan beberapa peserta yang lain sesuai dengan bidang dari paper mereka. (st/rif)

Berita Terkait