ITS News

Minggu, 05 Mei 2024
03 April 2007, 15:04

Pekan Peduli Umat, Warga Serbu Pasar Murah

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Laris manis, itulah gambaran yang terjadi pada Pasar Murah yang digelar Departemen Peduli Umat (DPU) JMMI, Sabtu (31/3) lalu. Kegiatan ini merupakan awal rangkaian Pekan Peduli Umat (PPU) yang tiap tahun dilakukan JMMI. Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini beberapa kegiatan yang direncanakan yaitu pasar murah, donor darah, khitanan massal, bakti sosial dan pengobatan gratis. Rangkaian kegiatan PPU akan ditutup acara Khitanan Massal pada 8 April mendatang.

Menurut koordinator panitia, Immah Inayati, PPU diawali dengan pasar murah yang digelar di daerah Keputih Tegal Timur. “Itu adalah desa yang biasa digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, makanya kita pilih sebagai tempat pasar murah,” papar mahasiswi jurusan Sistem Informasi angkatan 2003 ini. Immah pun menyebutkan sejak pukul 6 pagi, pihaknya telah standby menyiapkan kegiatan itu.

Seratus kupon yang berisi paket dua kg beras, satu kg minyak dan satu kg gula telah diedarkan sebelumnya kepada masyarakat yang kurang mampu di desa tersebut. “Kita jual dengan hanya 15 ribu per-paket, kalau di pasar harga totalnya 23 ribu. Tapi, kita jual sangat murah. Dana untuk menutupi biayanya kita dapat dari kotak infak dan beberapa sponsor,” papar Immah.

Selain paket, pihaknya juga turut menjual eceran beras, minyak dan gula; yang masing-masing disediakan 50 kg. ”Untuk yang eceran, kita pun menjual dibawah harga pasar. Semuanya habis terjual,” katanya. Selain sembako, panitia juga menjual paket baju murah yang diberi harga 5000 per baju. ”Kalau baju, ada 116 potong yang laku dibeli,” tegasnya.

Immah mengatakan, pihaknya tidak mendapatkan laba sama sekali dari hasil penjualan pasar murah ini. ”Kita nggak ambil untung sama sekali, malah kita yang nambahi. Karena uang yang didapat dari pasar murah ini yaitu 580 ribu akan kita belikan sembako untuk baksos nanti di Kedung Cowek Kenjeran pada 7 April mendatang,” tandas mahasiswi berjilbab ini. Rencananya, target yang akan diberikan paket baksos adalah seratus Kepala Keluarga (KK). ”Makanya itu, kami masih menerima donatur, baik dana, sembako atau baju layak pakai. Silahkan dikumpulkan di sekretariat JMMI atau menghubungi 5931221, ” ungkap Immah.

Selain pasar murah dan baksos, PPU juga akan diramaikan donor darah yang akan digelar 4-5 April ini di Plasa Dr Angka, Pengobatan Gratis di Kenjeran pada 7 April serta Khitanan Massal yang akan dihelat 8 April mendatang di Keputih. ”Bagi cewek-cewek silahkan ikut donor darah, nanti ada tempat khusus yang kita siapkan kok,” pungkasnya. (th@/jie)

Berita Terkait