ITS News

Rabu, 15 Mei 2024
15 Maret 2005, 12:03

Airlangga: ingin menerapkan falsafah pohon

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Airlangga Prima Satria atau biasa dikenal dengan nama Ave atau juga dikenal dengan nama Angga adalah ketua Legislatif Mahasiswa (LM) ITS yang baru yaitu periode 2004/2005, pembawaannya tenang sangat ramah dan supel itulah kesan yang akan kita tangkap saat berbicara dangan cowok ini. Saat ini cowok asli surabaya ini kuliah di jurusan Teknik Industri angkatan 2000.

Aktif dalam suatu organisasi bukanlah hal yang baru dirasakan oleh Angga, karena sejak tahun kedua ia kuliah di ITS ia sudah mulai aktif dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Industri (BEM FTI) ITS dan KOPMA "Dr.Angka". dengan aktif dalam organisasi menurutnya akan menambah pengetahuan yang tidak didapatnya dalam bangku kuliah.

"Kalau bisa kita sebagai mahasiswa jangan hanya kuliah saja, coba yang lain selain kuliah" itulah yang selalu Angga pesankan pada mahasiswa baru ITS. Pesan tersebut ditujukan Angga untuk menggugah semangat para mahasiswa baru agar lebih aktif dalam kehidupan kampus, jadi mereka tidak hanya kuliah saja tetapi juga mengembangkan minat dan bakatnya dan itu akan menambah pengetahuan mereka yang mungkin tidak akan didapat di perkuliahan.

"Pengertian coba yang lain tidak hanya menganjurkan untuk berorganisasi, organisasi Cuma salah satu jalan. Mereka bisa memilih jalan lain yang mereka suka seperti musik atau olahraga" jelas cowok kelahiran 9 september 1982.

Jabatan sebagai ketua LM ITS yang ia pegang sejak 2 minggu yang lalu merupakan pemberhentian terakhir Angga dalam kehidupan organisasi kampus karena rencananya ia akan memulai Tugas Akhir (TA) pada semester depan. Ditanya mengenai motivasi apa yang membuat ia masuk dalam LM, menurutnya yang membuat ia terjun dalam Legislatif adalah rasa ingin tahu dan belajar bagaimana aktif dalam suatu legislatif mahasiswa.

Sifat Keingintahuan dan semangat mempelajari hal baru, ternyata didapat putra kedua, pasangan dr. Muhammad Maruapey dan Dra Susdjatmi Sos Oe ini dari falsafah pohon yang dia jadikan motto hidupnya.

"Pohon akan membutuhkan banyak dan berbagai macam zat untuk tumbuh menjadi pohon yang besar dan mampu mengayomi orang yang berteduh dibawahnya, maka menurut saya hal itu sangat cocok diterapkan pada orang yang ingin menjadi orang besar yang bisa mengayomi. Untuk menjadi besar, harus dibangun dari berbagai unsur," ujar lulusan SMU 2 Surabaya ini meyakinkan.Uniknya falsafah ini dia dapat dari membaca komik berjudul Kenji saat ia masih kecil.

Sedangkan pandangan Angga selama dia menjabat sebagai ketua LM, dia akan mencoba memperbaiki tiga permasalahan yang menurutnya belum diselesaikan LM kemarin. Tiga hal tersebut adalah profesonalisme kerja legislatif, kecintaan terhadap ITS yang berarti anggota legislatif harus benar-benar cinta terhadap ITS dan peduli terhadap suara rakyat ITS. Dan hal yang terakhir adalah terwujudnya suatu ikatan antar anggota LM.

Selama ia menjabat, Angga akan berusaha mewujudkan tiga hal tersebut. Dan Ia juga menegaskan bahwa meskipun ia berada dalam jabatan ketua LM dan membawahi 25 orang anggota, ia tetap tidak berhak dan tidak bisa mengambil keputusan sendiri. "sebagai ketua LM saya berfungsi sebagai koordinator dan tidak bisa mengambil suatu keputusan sendiri dan harus berdasarkan rapat" ujarnya.

Sosok Angga yang selalu siap belajar akan segala hal dan akan selalu banyak belajar juga menginginkan keaktifan dari teman-teman mahasiswa lain untuk memberi masukan kritik dan saran terhadap dirinya selama menjabat ketua LM.

"Apabila ada kinerja LM yang kurang baik, maka warga ITS diperkenankan memberi saran dan kritik kepada saya baik itu melalui e-mail atau telepon" kata cowok yang hobi membaca dan main game ini mantap.

Alamat e-mail yang bisa dituju untuk menyampaikan saran dan kritik adalah ave_escaped@lycos.com . Sedangkan nomor telepon ada pada redaksi. (asa/rom)

Berita Terkait