News

Survei Kondisi Bangunan Kampus ITS Pasca Gempa

Sen, 25 Mar 2024
7:38 am
Berita
Share :
Oleh : itsram   |
Gambar survei kondisi bangunan di Kampus ITS ditemukan retak rambut pada sebagian gedung

Proses survei kondisi bangunan di Kampus ITS

MKPI ITS – Jaminan keamanan beraktivitas di dalam bangunan bagi pengguna tentu menjadi prioritas utama, tak terkecuali keamanan civitas akademika dalam bangunan kampus. Efek dari gempa Tuban Maret 2024 lalu, Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim (MKPI) gandeng Teknik Sipil ITS untuk melakukan survei kondisi bangunan Kampus ITS.

Survei kondisi ini dilakukan pertama kali pada Minggu (24/3) dan berlangsung hingga kini secara bertahap. Bangunan yang diperiksa pertama kali adalah bangunan dengan intensitas pengguna terbanyak dahulu, seperti gedung perkuliahan, perpustakaan, dan laboratorium. Kemudian, secara bertahap merambah bangunan lainnya hingga seluruhnya teridentifikasi.

Tim Ahli Struktur ITS berdiskusi terkait pelaksanaan survei bangunan kampus

Tim Ahli Struktur ITS berdiskusi terkait pelaksanaan survei bangunan kampus

Hasil kajian sementara menunjukkan bahwa gedung di Kampus ITS aman untuk digunakan, pasca kejadian gempa Tuban 2024. Temuan dari tim menunjukkan bahwa kerusakan yang ada berupa retakan-retakan ringan yang bukan kerusakan struktural sehingga tidak memengaruhi kekuatan bangunan. Lebih lanjut, meski hanya kerusakan ringan namun temuan tetap dilaporkan pada pihak Kampus untuk dilakukan perbaikan.

Latest News

  • Satgas Gempa MKPI, Layani Konsultasi Bangunan Pasca Gempa

    MKPI ITS – Gempa yang terjadi di dalam laut bagian utara Tuban Jawa Timur pada 22 Maret masih terus

    29 Mar 2024
  • Survei Kondisi Bangunan Kampus ITS Pasca Gempa

    MKPI ITS – Jaminan keamanan beraktivitas di dalam bangunan bagi pengguna tentu menjadi prioritas utama, tak terkecuali keamanan civitas

    25 Mar 2024
  • FGD Penguatan Ketahanan Masyarakat terhadap Banjir

    MKPI ITS – Pada tanggal 21-22 Februari 2024, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Queensland University of Technology

    22 Feb 2024